Tips Cara Lepas Dari Utang Kartu Kredit

0
Salah satu sumber penyakit keuangan dari karyawan adalah utang kartu kredit. Hal paling mendasar terkait masalah hutang adalah manajemen uang di mana dasarnya adalah barapa pemasukan dan berapa pengeluaran. Banyak yang terjebak dengan kemudahan kartu kredit dengan asumsi bisa membayar minimum payment dan langsung lunas.

Tetapi kebiasaan ini biasanya hanya terjadi pada orang yang memiliki uang cash yang banyak dan disiplin dalam membayar cicilan kartu kredit. Untuk masalah utang kartu kredit ada beberapa hal yang harus dilakukan. Harus dipahami bahwa bunga dan denda kartu kredit itu luar biasa tinggi dibandingkan pinjaman yang lain, karena itu all efforts harus dilakukan untuk segera melunasinya dalam waktu sesingkat mungkin.

Masalahnya, banyak yang lupa atau kurang paham soal ini. Ketika punya uang, hanya sebagian yang digunakan untuk membayar hutang kartu kredit, sebagian lagi ditempatkan sebagai investasi, atau lebih parah lagi buat konsumsi.Alhasil hutang kartu kredit terus ada dan kita harus terus membayar bunga tinggi.

Bunga kartu kredit saat ini sekitar 3 persen sebulan. Percuma punya investasi jika ujungnya habis untuk bayar hutang. Makanya lebih baik stop menabung dulu dan kendalikan konsumsi, uangnya dialihkan untuk melunasi hutang kartu kredit sampai tuntas. Hentikan penggunaan kartu kredit jika tidak sanggup membayarnya.

Tips Cara Lepas Dari Utang Kartu Kredit

Sia-sia berusaha melunasi hutang lama jika hutang baru tetap muncul. Kalau tidak bisa berhenti berhutang artinya ada masalah dalam pola konsumsi. Akar masalah bukan di keuangan tetapi di life style, gengsi dan kedewasaan. Lebih butuh psikolog dibandingkan ahli keuangan untuk mencari jalan keluar dari masalah ini.

Tips Cara Lepas Dari Utang Kartu Kredit

image source: http://www.financialdirector.co.uk

Jika hutang tidak bisa dilunasi sekaligus, langkah yang bisa dilakukan adalah mengurangi tingginya beban bunga kartu kredit. Caranya adalah dengan mengubah tunggakan kartu kredit menjadi cicilan tetap selama jangka waktu tertentu. Bunga cicilan tetap jauh lebih murah. Saat ini ada bank yang memberikan bunga cicilan tetap 0,99 persen per bulan, sangat jauh dibawah bunga kartu kredit yang 3 persen per bulan.

Memindahkan tagihan ke bank lain yang menawarkan bunga lebih murah, atau biasa disebut skema balance transfer. Dengan bunga yang lebih murah, pembayaran menjadi lebih ringan dan bisa diselesaikan lebih cepat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply