Tips Cara Mengelola Keuangan Pribadi Yang Benar

0
Seseorang harus bisa mengatur keuangan pribadi agar tidak seperti pepatah besar pasak daripada tiang. Penghasilan sebagai pekerja sebesar apapun yang didapat tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika tidak dihentikan kata puas. Di sisi lain peningkatan biaya hidup kian semakin besar. Bila tidak pintar mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa utang yang menumpuk.

Mengelola keuangan pribadi amat penting bagi semua kalangan. Membuat pembukuan dapat dilakukan oleh semua orang, tidak memandang status sosial ataupun gaji bulanan. Salah satu tujuannya adalah agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan. Jika sampai pengeluaran jumlahnya lebih besar, mungkin akan meminjam uang untuk menutupi kebutuhan dan akhirnya terlilit utang.

Ada beberapa cara mengelola keuangan pribadi yang benar. Jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan. Buat rencana pengeluaran, sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing. Tahan diri terhadap godaan tawaran penjualan.

Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen. Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran tersebut. Lacak pengeluaran pribadi, setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu.

Tips Cara Mengelola Keuangan Pribadi Yang Benar

Mencari produk serupa yang menawarkan harga lebih murah. Penetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut.

Tips Cara Mengelola Keuangan Pribadi Yang Benar

image source: http://www.meridianpeakhypnosis.com

Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji. Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang. Mulai bisnis sendiri, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka.

Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply