Tips Hindari Gaji Cepat Menguap Dengan Cara Ini

0
T MauTips.com, Jakarta. Banyak orang yang tidak sadar kalau pengelolaan uang yang dilakukan tidak tepat sehingga menyebabkan gaji yang masuk hanya lewat saja dan kemudian habis tak bersisa. Saat gajian menjadi hal yang paling ditunggu kebanyakan orang. Namun, pernahkah Anda merasakan gaji yang diterima tiba-tiba habis begitu saja, padahal merasa baru menerimanya.

Terkadang Anda menyalahkan gaji yang kecil sebagai penyebab kondisi tersebut. Namun seharusnya Anda perhatikan lagi, apakah gaji yang dimiliki benar-benar kurang atau Anda yang tak bisa mengelola dengan benar. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diperbaiki kalau cermat mengatur uang.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar gaji yang Anda miliki tidak cepat menguap.

Klasifikasikan Pengeluaran
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengklasifikasikan pengeluaran, mana yang merupakan prioritas dan mana yang hanya bersifat tambahan. Pengeluaran utama berkaitan dengan biaya tempat tinggal, makan, transportasi, serta tagihan bulanan. Sementara yang termasuk ke dalam pengeluaran tambahan adalah hiburan, tren, dan lainnya. Jika sudah bisa mengelompokkan kedua kebutuhan tersebut, Anda bisa menunda pengeluaran yang tidak penting sehingga dapat berhemat.

Mencari Pengeluaran yang Dapat Dipangkas
Cobalah untuk memilih pengeluaran mana yang dapat dipangkas sehingga dapat menghemat pengeluaran. Misalnya, jika berlangganan tv kabel jika tidak mendukung pekerjaan akan lebih baik mematikannya saja karena Anda harus membayar tagihan tiap bulannya.

Baca Juga: Ikuti Tips Ini Bila Ingin Membeli Objek Properti dengan Harga Murah

Jangan Menunda Bayar Tagihan
Tagihan bulanan akan lebih baik kalau segera dibayar. Hal ini terkait dengan denda yang bisa didapatkan bila telat untuk membayarnya. Selain itu, cara ini juga menghindarkan uang yang seharusnya dibayarkan untuk tagihan terpakai untuk hal-hal yang tidak penting.

Pembayaran tagihan yang telat juga bisa mendatangkan masalah nantinya dan tentu membuat pengeluaran menjadi membengkak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply