Tips Jitu Agar Mendapat Gaji Sesuai Harapan Saat Wawancara Kerja

0
T MauTips.com, Jakarta. Meski bukan satu-satunya alasan, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa selain pengalaman, gaji adalah bentuk nyata bagaimana perusahaan menilai dan menghargai kinerja kita. Salah satu pertimbangan utama dalam mencari kerja adalah soal gaji yang diberikan perusahaan kepada kita.

Jika saat ini sudah lolos ke tahap wawancara kerja pertama, biasanya tahapan berikutnya adalah negosiasi gaji dengan HRD dan pimpinan perusahaan. Seringkali di tahapan ini seseorang mengalami kegagalan.

Berikut tips menghadapi wawancara kerja agar gaji sesuai dengan harapan.

Cari tahu gaji rata-rata di perusahaan tersebut
Tujuan mencari informasi ini adalah agar bisa memperkirakan nominal gaji yang kita ajukan, tidak terlalu tinggi juga tidak telalu rendah.

Jangan memulai pembicaraan soal gaji terlebih dahulu
Memang, gaji adalah hak yang harus diketahui oleh pekerja. Namun, jangan memulai pembicaraan tentang gaji sebelum ditanyakan oleh pewawancara. Hal ini akan menurutnkan profesionalitas sebagai pelamar, karena terkesan bekerja semata-mata hanya melihat gajinya saja. Ranah ini adalah ranah pembicaraan yang mana menjadi porsi HRD atau pimpinan perusahaan yang mengawalinya.

Menolak tawaran gaji saat negosiasi baru saja dimulai
Jika perusahaan menawarkan gaji di awal dengan nilai yang tidak disepakati, jangan langsung memperlihatkan wajah masam dan sikap tubuh yang cuek. Ini mengesankan anda adalah pribadi yang sombong. Sebaiknya anda bernegosiasi terlebih dahulu dengan menunjukkan sisi positif dalam diri anda.

Melakukan negosiasi gaji dengan sikap yang tidak simpatik
Jika merasa tidak puas dengan tawaran gaji yang diberikan, sampaikan dengan halus dan berikan alasan yang masuk akal. Jangan mengancam jika perusahaan tak bisa mengabulkan gaji yang diajukan.

Baca Juga: Tips Agar Daging Lebih Awet, Bumbui Dulu Sebelum Disimpan dalam Kulkas

Pertimbangkan hal lain di luar gaji pokok
Jika gaji pokok yang ditawarkan di bawah standar, cobalah menanyakan hal-hal lain di luar yang sekiranya bisa menunjang nilainya. Misalnya tunjangan kesehatan, pulsa telepon, makan siang, biaya transportasi, uang lembur dan sebagainya.

Proses negosiasi gaji memang tak bisa dianggap remeh karena akan menentukan masa depan anda di perusahaan tersebut nantinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply