Tips Memilah Asuransi Pendidikan Untuk Jamin Masa Depan Anak

0
T MauTips.com, Jakarta. Begitu besarnya manfaat pendidikan membuat orang tua rela mengeluarkan biaya yang besar demi memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anaknya. Namun, rencana menyekolahkan anak hingga ke jenjang sarjana bisa buyar jika kesulitan finansial melanda di tengah jalan.

Misalnya, karena pencari nafkah meninggal atau mengalami kecelakaan sehingga mengubah kondisi keuangan keluarga. Padahal, biaya pendidikan semakin mahal dari tahun ke tahun seiring terjadinya inflasi. Penting bagi orang tua untuk memiliki asuransi pendidikan anaknya. Hal itu dilakukan agar dana pendidikan anak terjamin. Di Indonesia, sejumlah perusahaan asuransi sudah mengeluarkan produk asuransi pendidikan. Misalnya Manulife dengan Manulife Education Protector dan Graduate, Prudential dengan PRULink Edu Protection, Mandiri dengan Mandiri Sejahtera Cerdas, dan Sequis dengan Telepro Beasiswa Berjangka. Masing-masing produk asuransi pendidikan memiliki persyaratan peserta dan skema yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemegang polis.

Untuk itu, sebelum memilih produk, calon pemegang asuransi harus memperhatikan betul ketentuannya seperti batasan umur orang tua dan anak, masa pertanggungan, masa pembayaran premi, besaran pertanggungannya, dan kapan biaya pertanggungan dibayarkan. Orang tua sebaiknya memilih asuransi yang bersifat tabungan bukan proteksi.

Pasalnya, asuransi tabungan bersifat dwi guna yaitu bila pemegang polis meninggal di tengah jangka waktu atau masa jangka waktu polis berakhir seluruh biaya pertanggungan pendidikan yang disepakati di awal akan diganti penuh. Orang tua, selaku pemegang polis memiliki asuransi pendidikan di usia semuda mungkin agar premi yang ditanggung lebih murah mengingat jangka waktunya lebih panjang.

Pemegang polis tidak lupa membayar asuransinya tepat waktu. Jika telat membayar, asuransi kepesertaan bisa ditangguhkan atau bahkan dibatalkan. Selain itu, ada perusahaan asuransi yang memberlakukan kebijakan denda jika premi terlambat dibayar. Penting bagi orang tua untuk memiliki asuransi pendidikan agar masa depan pendidikan anak terjamin. Idealnya besarnya premi akan mengikuti besarnya uang pertanggungan asuransi yang diinginkan pemegang polis.

Baca Juga: Tips Kemas Stroller Demi Penerbangan Bebas Stres

Kendati demikian, bila belum memungkinkan untuk mendapatkan uang pertanggungan seperti yang diinginkan karena masih banyak kebutuhan lain maka angka premi yang realistis adalah di kisaran 10 hingga 15 persen dari penghasilalan. Oleh karena itu, disarankan orang tua memiliki asuransi pendidikan sedini mungkin sejak si anak belum sekolah agar premi yang ditanggung lebih ringan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply