Tips Mengatasi Bebas Utang di Tanggal Tua

0
T MauTips.com, Jakarta. Tanggal tua bagi hampir semua karyawan menyeramkan. Di akhir bulan ada kalanya kita lupa jika ada kebutuhan yang mendadak. Saat gajian di awal bulan kebanyakan akan mudah tergoda untuk membeli barang yang diinginkan.

Akhirnya di akhir bulan terpaksa harus utang untuk menyambung hidup. Setiap tiba tanggal gajian pasti akan bahagia. Tapi untuk beberapa orang, gaji hanya numpang lewat saja karena uang yang masuk ke rekening ternyata harus dibelanjakan untuk banyak keperluan.

Berikut ini cara hemat yang bisa diterapkan agar bisa mengelola gaji bulanan.

Mulai dengan Rencana
Akan lebih mengelola uang jika punya rencana tetap sejak awal. Tuliskan apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi tiap bulannya. Dan susun rencana keuangan hingga akhir bulan sehingga tidak sembarangan menggunakan uang dan memikirkan lebih jeli bahwa uang harus bertahan bahkan hingga tanggal gajian datang lagi.

Pisahkan dana tabungan dan investasi
Berapa pun gaji yang diterima, sisihkan setidaknya 10-20 persen untuk tabungan dan investasi dalam keuangan. Bisa memisahkan kedua dana dalam rekening berbeda.

Travelling alias liburan memang sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari. Sisihkan dulu gaji selama dua bulan dengan tidak membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan utama untuk menjadi uang saku saat liburan. Ini akan jadi trik yang sangat baik untuk liburan tanpa harus terlilit utang.

Setelah belanja jangan langsung membuang bon belanja. Ini akan bermanfaat sebagai pengingat sekaligus sebagai rem jika ingin belanja lagi. Bon sangat bermanfaat untuk mengingatkanmu seberapa banyak pengeluaran yang sudah dikeluarkan dalam sebulan ini.

Baca Juga: Waspada, 4 Benda di Rumah Ini Bisa Picu Penyakit Paru

Jika Anda sosok yang mudah sekali tergoda, ada baiknya untuk menyimpan ATM di rumah. Jika tak perlu jangan mengambil uang. Ambil uang dengan perincian yang sudah dihitung per minggunya, sehingga dapat mengatur berapa banyak sisa uang yang dimiliki dan berapa banyak kebutuhan yang belum terpenuhi dalam seminggu itu.

Nah beberapa tips ini memang sebaiknya mulai dibiasakan dari awal bulan agar gaji tak melayang dengan percuma dengan bermanfaat untuk kehidupan Anda. Semoga bermanfaat yaa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply