Tips Mengatur Keuangan yang Kacau Setelah Lebaran

0
T MauTips.com, Jakarta. Hidup jadi kurang tenang dengan keuangan yang berantakan. Kalau begitu, solusi terbaiknya adalah mulai belajar merenanakan keuangan. Merencanakan keuangan tak serumit yang kita kira. Ada beberapa tahap yang bisa diambil untuk merencanakan keuangan.

Khususnya bila kita punya impian atau keinginan yang berkaitan dengan keuangan di masa depan, tahap-tahap ini penting untuk langsung dipraktikan. Tidak cuma harus mengembalikan mood yang malas untuk bekerja, setelah lebaran persoalan keuangan juga harus kembali dipikirkan. Selama masa lebaran jelas akan banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga dan sedikit bikin tabungan terkuras. Berikut ini ada beberapa tips untuk kembali bikin keuangan sehat setelah sempat kacau saat liburan lebaran.

Kuncinya adalah disiplin.

Periksa keuangan dan susun kembali anggaran dari sisa uang setelah lebaran. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu dan dahulukan mana yang penting. Batasi pengeluaran. Salah satu contoh sederhananya adalah jika saat makan siang di kantor sering makan di luar, ada baiknya untuk mencoba membawa bekal dari rumah. Agar semakin mudah dikontrol, tetapkan biaya pengeluaran harian. Terapkan rencana biaya yang dibuat dengan konsisten. Hindari membawa uang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Biasakan diri untuk menggunakan uang secukupnya.

Tunda belanja barang yang tidak dibutuhkan. Tahan godaan dari keinginan belanja barang yang disuka tapi tak terlalu dibutuhkan. Satu hal yang paling penting dari semua ini adalah kedisiplinan. Tidak mudah memang menjalani kehidupan sehari-hari dengan dana terbatas. Tapi memang harus dilakukan sampai keuangan pasca lebaran ini kembali stabil.

Menyusun strategi sesuai rencana, di sini kita mulai mencari aset finansial yang mendukung rencana yang sudah kita buat. Sudah ada berapa dana yang kita punya saat ini. Bila masih belum mencukupi, cari tahu apa yang perlu kita tabungkan atau investasikan demi tercapainya kebutuhan dana yang kita perlukan. Kita juga bisa memilih produk-produk keuangan yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial yang ingin dicapai.

Baca Juga: 3 Reasons To Study in Singapore

Beberapa tahap di atas bisa menjadi langkah awal yang bisa diambil untuk mulai merencanakan keuangan dengan lebih baik. Yuk, sekarang langsung kita aplikasikan. Bisa langsung dimulai dengan impian apa yang ingin dicapai beberapa waktu dari sekarang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply