Tips Mengelola THR Agar Tetap Hemat dan Gunakan Pendapatan yang Bijak

0
T MauTips.com, Jakarta. Tak terasa beberapa minggu lagi kita akan menyambut bulan Ramadan 2018. Banyak yang mengira di bulan puasa ini kita akan lebih hemat. Nyatanya banyak yang malah makin boros. Ini karena banyak pengeluaran yang datang tiba-tiba, seperti acara buka puasa bersama yang datang dari keluarga, teman atau kerabat.

Untuk mengantisipasi hal ini perlu dibuat rincian keuangan yang jelas. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak hal yang biasanya sering kita lakukan. Dari mempersiapkan baju baru untuk lebaran hingga mudik bersama keluarga tercinta. Tidak sedikit juga biaya yang kita keluarkan dalam menyambut lebaran. Tanpa disadari ternyata uang THR sudah tinggal sedikit. Banyak orang yang ternyata masih salah dalam mengelola THR yang didapat setiap tahunnya. Mereka cenderung selalu menghabiskan THR untuk segala keperluan hari raya.

Padahal, dalam mengelola THR kita harus lebih bijak agar tidak terlalu boros dan tidak mengganggu kebutuhan bulanan yang lainnya. Lalu, bagaimana mengelola THR dengan bijak? Idealnya dalam menggunakan THR tidak dihabiskan semua dalam keperluan hari raya.

Sekitar 20 hingga 50 persen sebagian THR bisa ditabung atau diinvestasikan. Sehingga jika kita menerima dana bonus tidak digunakan untuk membeli kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk kepuasan diri sementara. Dalam menggunakan pendapatan yang bijak, akan lebih baik bila pendapatan tahunan digunakan untuk keperluan tahunan dan pendapatan bulanan untuk keperluan bulanan.

Baca Juga: Tips Agar Gaji Tak Hanya Numpang Lewat, Ini Cara Mengelolanya

Disarankan agar masyarakat mulai terbiasa untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi. Idealnya, jumlah yang diinvestasikan adalah 50 persen dari dana bonus yang didapat. Karena itu pandai-pandai dalam mengendalikan diri dan berbelanja sesuai kebutuhan saja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply