Awas! Sering Mewarnai Rambut Beresiko Sebabkan Kanker

0
A MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini berbagai produk pewarna rambut dapat dijumpai dengan mudah di supermarket dengan harga terjangkau. Tak heran, tren berganti warna rambut kini sudah jadi pemandangan yang biasa. Tidak saja bagi wanita, pria pun sering melakukan tren tersebut. Namun ternyata dibalik kebiasaan mengecat rambut ada resiko kesehatan yang dapat terjadi.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahaya jika terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk melakukan pengecatan rambut. Resiko terburuk adalah mengalami kanker payudara, baik pria maupun wanita. Angka prosentase kemungkinan seseorang terkena penyakit kanker payudara jika lebih dari lima kali setahun (batas maksimal yang disarankan) memakai pewarna rambut mencapai 14 persen.

Dari hasil studi tersebut, para peneliti menyarankan pada orang yang gemar melakukan pewarnaan rambut untuk memilih produk alami atau meminimalisir pemakaian pewarna. Bukan saja disebabkan resiko kanker payudara yang bisa terjadi, namun juga demi kesehatan rambut sendiri. Apabila selalu diberi paparan bahan pewarna kimia maka batang dan akar rambut tentu sangat rentan rusak dan rontok dalam jangka panjang.

Peneliti juga menyarankan bahan alami semisal beetrot (umbi buah bit), henna (sejenis daun), dan rosehip untuk mewarnai rambut sebab tidak memberi efek buruk bagi kesehatan. Penelitian Kanker menulis bahwa bahan kimia pada pewarna rambut masuk melalui pori-pori kulit.

Baca Juga: Daftar Aneka Sajian Kuliner Meksiko dengan Cita Rasa Indonesia

Kandungan zat yang bersifat karsinogen (pemicu kanker) inilah yang menjadi pencetus tumbuhnya sel kanker di tubuh. Berhati-hati tentu lebih baik bagi Anda demi menjaga kesehatan diri, ketimbang menyesal kemudian dan harus mengobati penyakit yang berbahaya akibat menggunakan pewarna rambut kimia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply