Faktor Inilah yang Sebabkan Wajah Terlihat Lebih Tua

0
F MauTips.com, Jakarta. Usia lanjut merupakan momok tersendiri bagi manusia. Sebab dengan bertambahnya usia maka kulit wajah mulai kendur dan berkerut. Bahkan kini akibat akumulasi dari kerusakan harian, seperti stres, oksidasi, dan paparan sinar matahari akan menghasilkan penuaan dini.

Namun hal itu dapat dihindari dengan rajin merawat kulit wajah setiap hari. Bila hal itu dilakukan secara kontinyu maka wajah dapat terlihat muda dan cerah. Menjadi tua adalah hal yang alami dan wajar dialami oleh semua mahkluk hidup. Indikator yang paling mudah tampak adalah wajah. Wajah bisa jadi cerminan usia, juga kondisi kesehatan seseorang.

Berikut ini faktor penyebab wajah seseorang tampak lebih tua.

Atrofi
Menurut dr Puri Ambar, atrofi bermakna menyusutnya jaringan otot dan syaraf, serta hilangnya tanus kulit akibat paparan matahari. Tak hanya itu, kondisi atrofi juga bisa disebabkan oleh nutrisi yang buruk.

Polusi
Polusi dari udara atau sumber polusi lainnya juga dapat membuat wajah seseorang terlihat lebih tua.

Merokok
Berbagai zat kimia berbahaya yang ada pada rokok, dapat mempengaruhi kesehatan kulit, memicu penuaan dini dan membuat wajah menjadi kehilangan kesegarannya. Demikian juga kebiasaan minum alkohol yang dilakukan dalam jangka panjang.

Turunnya berat badan dengan drastis
Berat badan yang turun dengan drastis, membuat kulit di beberapa bagian tubuh kendor akibat hilangnya lemak yang sebelumnya ada di bagian bawah kulit tersebut. Akibatnya wajah tampak tidak lagi kencang.

Baca Juga: Awas! Sering Mewarnai Rambut Beresiko Sebabkan Kanker

Berubahnya morfologi wajah
Bentuk tulang wajah yang berubah juga memicu berubahnya penampakan seseorang. Misalnya berkurangnya ketinggian tulang tengah dan bawah wajah.

Masalah emosi/kejiwaan
Seseorang yang mengalami masalah emosi dan kejiwaan juga dapat membuat penampilan wajahnya berubah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply