Hal Sepele Yang Bikin Pori Pori Kulit Wajah Tersumbat Kotoran

0
H MauTips.com, Jakarta. Ada beberapa hal sepele yang ternyata sering sekali kita lakukan dan memicu tersumbatnya pori kulit dengan kotoran. Pori kulit yang tersumbat kotoran adalah penyebab wajah mudah berjerawat, kusam, kasar dan muncul garis halus serta tanda penuaan dini. Kotoran memicu munculnya bakteri dan kuman yang berkembang biak, serta menghambat regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Berikut beberapa hal sepele yang bikin pori kulit wajah tersumbat kotoran.
Enggan bersihkan wajah
Membersihkan wajah secara teratur adalah cara mudah menghindarkan pori kulit dari sumbatan kotoran. Waktu idealnya dilakukan sebelum tidur, sehingga akumulasi make up, minyak, debu dan kotoran serta bakteri bisa terbuang dan tidak mengganggu.

Sering memegang wajah
Kadang tangan tidak sengaja berkali-kali memegang wajah sedangkan Anda tidak tahu berapa banyak bakteri dan kotoran menempel di permukaan tangan. Hal ini turut andil memindahkan kotoran dan kuman ke pori wajah dan memicu jerawat.

Jarang melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati pada wajah dapat membantu stimulasi pertumbuhan sel kulit yang baru dan membantu membuang kotoran yang melekat di wajah. Lakukan dengan memakai masker tradisional atau krim scrub sedikitnya satu atau dua kali sepekan.

Sering terkena polusi
Polusi udara pun turut andil dalam membuat pori kulit tersumbat. Jerawat bisa makin parah akibat banyaknya kandungan zat kimia dan polusi dari asap kendaraan di udara. Untuk mencegah kulit wajah terpapar polusi bisa gunakan masker penutup hidung saat sedang di luar ruangan.

Baca Juga: Bekerja Dari Rumah Membuat Hidup Lebih Bahagia? Benarkah

Kosmetik yang salah
Pemilihan jenis kosmetik yang salah dan tidak cocok dengan kondisi kulit dapat memicu pori-pori menjadi tersumbat. Solusinya, pilihlah kosmetik yang bebas minyak dan non-comedogenic. Semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply