Ini Bahayanya Make Up Palsu Hati-Hati

0
I MauTips.com, Jakarta. Bagi wanita makeup merupakan hal yang sangat digemari. Banyak wanita yang senang bereksperimen dengan makeup menggunakan berbagai macam produk. Mulai dari foundation, blush, bronzer, lipstik, dan masih banyak lagi. Sayangnya, melihat peluang bisnis yang besar dalam dunia makeup, banyak oknum tidak bertanggung jawab membuat dan menjual makeup.

Jika digunakan pada kulit wajah, beberapa kandungan pada makeup palsu bisa mendatangkan efek yang berbahaya. Salah satu kandungan yang perlu dihindari adalah merkuri. Kandungan ini bisa menyerap ke dalam pori-pori dan menimbulkan jerawat, gatal, dan jika parah akan menyebabkan mual, pusing, juga gangguan penglihatan. Ada juga Rhodamin B, bahan berbahaya yang sering terdapat di makeup palsu.

Rhodamin B biasanya dipakai untuk pewarna tekstil, tinta, dan kertas. Bahan ini sering dipakai untuk membuat lipstik palsu. Lipstik yang kita pakai akan otomatis terserap dan ada yang tertelan. Bahan ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam organ tubuh kita.

Efeknya akan membuat bibir bengkak, kanker, juga penyakit liver. Asam retinoat juga merupakan bahan yang sangat berbahaya. Efek jangka pendeknya akan membuat kulit kita terbakar dan iritasi. Bahan ini juga sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena akan membahayakan janin dan menyebabkan cacat permanen.

Baca Juga: Minumlah Air Putih Dulu Sebelum Ngopi & Ngeteh Demi Kesehatan

Jangan tergiur dengan harga murah. Kebanyakan makeup palsu dijual dengan harga kurang dari setengah harga asli. Jangan membeli makeup di tempat yang tidak meyakinkan. Lebih baik beli di beauty e-commerce dan online shop yang terpercaya, atau counter asli dari brand tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply