Penyebab Wanita Berkumis Cara Mengobatinya

0
Kumis biasanya dijumpai pada laki-laki, namun ada juga beberapa wanita yang mempunyai kumis. Ada beberapa hormon yang berpengaruh pada proses pertumbuhan beberapa karakteristik seksual sekunder manusia, seperti halnya tumbuhnya kumis pada pria. Pertumbuhan kumis ini secara khusus dipengaruhi hormon jenis steroid yang bernama androgen, yang memang lazimnya lebih banyak dimiliki oleh pria.

Sebenarnya hormon jenis ini ada baik pada pria maupun wanita, hanya jumlahnya saja yang tidak sama. Di beberapa kasus, ada wanita yang memiliki hormon androgen dalam jumlah yang berlebihan, sehingga merangsang pertumbuhan kumis wanita dan beberapa hal yang bersifat maskulin lain. Mengapa bisa wanita memiliki androgen berlebihan, karena ada beberapa faktor.

Diantaranya adalah faktor keturunan atau akibat mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan terapi atau mengonsumsi obat penyeimbang hormon. Gejala hiperandrogen pada wanita dapat terlihat antara lain pada kulit, yakni kulit berminyak, terutama pada bagian wajah hingga munculnya jerawat yang berlebihan.

Kasus poly cystic ovarian syndrome (PCOS) juga merupakan gejala hiperandrogen. PCOS adalah gangguan spesifik yang heterogen dengan perubahan sekresi gonadotrofin. Gejala yang terlihat adalah gangguan siklus menstruasi, kegemukan, profil lemak yang tidak normal, risiko diabetes melitus, dan risiko penyakit kardiovaskular. Selain sebagai alat kontrasepsi, pil KB yang mengandung Cyproteron Acecate dapat mengurangi masalah hiperandrogen tersebut.

Penyebab Wanita Berkumis Cara Mengobatinya

Sebab, selain untuk alat kontrasepsi, pil KB juga berfungsi mengatur hormon androgen dengan cara memblok efek androgen. Biasanya wanita yang menderita PCOS memiliki bulu lebat dan sedikit rambut di daerah mulut yang terlihat seperti kumis. Cara mudah menghilangkan kumis pada wanita dengan masker madu.

Penyebab Wanita Berkumis Cara Mengobatinya

Campurkan 2 sdm lemon, 3 sdm madu, dan 1 sdm gula pasir. Campurkan semua bahan tersebut dan lelehkan di atas api. Setelah itu, aplikasikan selagi hangat di atas kumis dan biarkan beberapa saat hingga kering. Setelah kering bisa membersihkannya menggunakan handuk yang sudah dibasahi. Masker lemon selain untuk mengatasi jerawat, irisan lemon juga bisa menghilangkan kumis pada wanita. Aplikasikan irisan lemon pada area yang berkumis.

Diet bukan hanya untuk menjaga berat badan saja, tapi juga untuk menjaga kecantikan kulit. Diet sehat bisa membantu meningkatkan hormon wanita dan menyeimbangkan hormon androgen. Tenangkan pikiran, hormon stres bisa memicu pertumbuhan bulu jadi lebih cepat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply