Perlambat Dan Menunda Penuaan Dengan Makanan Ini

0
P MauTips.com, Jakarta. Penuaan terjadi karena faktor genetik dan gaya hidup. Penuaan bisa terjadi lebih cepat akibat faktor gaya hidup tidak sehat, seperti tidak menjaga pola makan, kekurangan nutrisi, kurang olahraga, dan terpapar polusi. Sebagian besar orang tak suka menjadi tua. Selain penampilan fisik mulai tak menarik, stamina tubuh pun menurun.

Beberapa fungsi tubuh mulai melambat, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran. Walau proses penuaan alami tidak bisa dihentikan atau dicegah, penuaan bisa diperlambat dengan melakukan perubahan gaya. Terdapat empat makanan yang sebaiknya dikonsumsi orang yang berusia 30 tahun ke atas.

Makanan kaya zat besi, untuk mencegah kelelahan, anemia, rambut rontok, serta sakit kepala, disarankan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Buah mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan serat. Jangan lupa sertakan buah-buahan seperti pepaya, stroberi, jeruk, dan cranberi dalam menu sehari-hari.

Kalsium dapat diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin D dan magnesium. Setelah usia 30 tahun, karbohidrat dan lemak baik akan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kalsium sebaiknya mengonsumsi susu rendah lemak, bayam, ikan salmon, tuna, keju rendah lemak, dan telur.

Baca Juga:  Tips Ngemil Yang Sehat dan Berat Badan Tetap Ideal

Lemak, untuk Anda yang berusia lebih dari 30 tahun sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal, karena lemak ini dapat melindungi diri dari penyakti jantung, menurunkan gula darah, dan tekanan darah tinggi. Lemak sehat juga meningkatkan pembentukan sel darah dan sirkulasi darah dalam tubuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply