Resiko Efek Negatif Menggunakan Kuteks Kuku

0
R MauTips.com, Jakarta. Kuteks bernama Caviar Mani merupakan teknik dalam menghias kuku, dimana kuku yang sudah dipoles kuteks kemudian dihias dengan butiran kecil manik-manik seukuran Caviar di atasnya. Mewarnai kuku dengan kuteks banyak dilakukan kaum wanita untuk menambah nilai plus penampilannya. Tak hanya kuku jemari tangan, kaki tak luput dari olesan pewarna yang kebanyakan terbuat dari bahan kimia tersebut.

Namun ada efek dari kebiasaan menggunakan kuteks pada kuku, apalagi jika memakainya hingga berbulan-bulan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa beberapa bahan kimia yang digunakan untuk membuat kuteks ternyata dapat masuk dan meresap hingga ke bawah kuku dan ikut aliran darah. Hanya butuh waktu 2 jam untuk bahan kimia tersebut masuk dalam darah dan mempengaruhi tubuh. Bahkan pada orang yang sensitif, bahan kimia itu bisa jadi racun yang berbahaya.

Zat tersebut dikenal bernama Triphenyl phosphate atau TPHP. Ia dapat membuat sistem metabolisme tubuh terpengaruh, dan memicu gangguan kesehatan seperti infertilitas, naiknya risiko kanker payudara, kanker ovarium, atau gangguan tiroid. Dalam penelitian itu juga menulis bahwa efek negatif lain dari TPHP adalah bisa memicu masalah neurologis, diabetes, dan obesitas.

Baca Juga: Masih Muda Rambut Sudah Memutih Gejala Penyakit Apa

Zat kimia itu mampu mengendap di bawah kulit setelah masuk dalam kutikula kuku. Beberapa orang mengalami masalah gangguan endokrin usai memakai kuteks dengan kandungan Triphenyl phosphate atau TPHP tersebut. Tujuan digunakannya zat kimia tersebut pada kuteks adalah untuk membuat kuteks tidak mudah luntur dan juga menjadi lentur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply