Tips Cara Tepat Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

0
T MauTips.com, Jakarta. Sebenarnya jerawat berasal dari pengeluaran sebum atau minyak dari kelenjar di kulit secara alami. Hanya saja ketika terjadi perubahan hormon yang memicu produksi sebum berlebih, dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit. Sumbatan yang bercampur dengan sel kulit mati tersebut, akan membentuk komedo.

Ditambah dengan bakteri di permukaan kulit, maka akan terbentuk jerawat. Banyak orang ingin menghilangkan jerawat untuk memperbaiki penampilan. Itulah sebabnya banyak orang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Namun tahukah Anda, bahwa untuk menghilangkan jerawat tidak boleh dilakukan sembarangan.

Berikut cara menghilangkan jerawat yang tepat.

Untuk menghilangkan jerawat, pengobatan terbaik yakni dengan mengurangi produksi minyak kulit, menghambat pertumbuhan bakteri, serta membantu membuka sumbatan sel kulit mati pada pori-pori.

Penggunaan produk bebas
Cara menghilangkan jerawat dengan produk bebas di antaranya adalah membersihkan wajah dengan sabun atau produk pembersih khusus yang umumnya mengandung asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, atau sulfur.

Penggunaan obat dokter
Selain dengan produk bebas yang dijual di pasaran, cara menghilangkan jerawat dapat dengan menggunakan obat antibiotik. Obat ini akan membasmi bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi peradangan. Antibiotik untuk jerawat dapat berupa obat oles yang dioleskan langsung pada kulit atau dalam sediaan oral untuk diminum. Namun, antibiotik topikal akan bekerja lebih efektif jika digunakan bersama dengan benzoil peroksida, karena dapat mengurangi risiko terjadinya kekebalan kuman terhadap antibiotik.

Baca Juga: Tips Solusi Tepat Mengatasi Dan Merawat Kulit Berminyak

Obat-obatan jenis lain yang juga biasa digunakan untuk mengobati jerawat adalah asam azeleat, dapsone dan pil KB. Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan jerawat, karena tidak sedikit efek samping dari pengobatan jerawat. Konsultasikan kepada dokter spesialis kulit Anda jika jerawat tidak lekas hilang, atau memunculkan keluhan lain seperti bekas jerawat dan gatal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply