Tips Mengatasi dan Penyebab Berbagai Tipe Lingkaran Hitam di Bawah Mata

0
T MauTips.com, Jakarta. Meskipun disebut lingkaran hitam, warna yang kerap tampak pada area bawah mata umumnya berupa warna kecokelatan atau keunguan. Agar wajah tidak terlihat lelah, tentu sudah hafal warna concealer yang dibutuhkan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata setiap orang memiliki warna yang berbeda-beda?

Nah, berbeda warnanya, berbeda pula penyebab terjadinya lingkaran hitam di bawah mata itu.

Area Bawah Mata Berwarna Kecokelatan
Jika lingkaran hitam pada bawah mata kamu memiliki warna kecokelatan, warna kulit yang lebih gelap, atau agak kehitaman, penyebab utamanya adalah dampak dari sinar matahari. Meskipun semua warna kulit berpotensi mengalami lingkaran hitam karena pigmentasi, umumnya masalah ini lebih banyak ditemukan pada pemilik kulit sedang hingga gelap.

Area Bawah Mata Berwarna Kebiruan
Sering bergadang tidak tidur semalaman untuk binge-watching drama Korea atau menyelesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline? Kemungkinan besar, area bawah mata kamu akan memiliki warna kebiruan.

Lingkaran hitam pada bawah mata dengan warna kebiruan umumnya disebabkan oleh gaya hidup. Bisa jadi karena kurang tidur, akibat alergi, atau stres. Saat gaya hidup kamu terganggu, sirkulasi-mikro darah akan melambat dan membuat area bawah mata kamu kekurangan oksigen, sehingga berubah warna menjadi kebiruan.

Area Bawah Mata Berwarna Keunguan/Kemerahan
Warna kemerahan atau keunguan yang tampak pada area bawah mata berasal dari pembuluh darah. Nah, hal ini dapat terjadi karena dua alasan, yang pertama adalah bertambahnya usia atau penuaan dan yang kedua karena genetik. Saat bertambah tua, kulit akan berangsur menipis, sehingga pembuluh darah yang ada di bawahnya pun menjadi lebih terlihat.

Ditambah lagi, saat bertambah tua, pembuluh darah juga akan melemah sehingga membuat sel-sel darah ‘bocor’ dan semakin terlihat. Sedangkan, area bawah mata yang berwarna keunguan atau kemerahan karena alasan genetik lebih sering terlihat pada pemilik kulit terang cenderung pucat yang membuat pembuluh darah lebih terlihat.

Area Bawah Mata Berwarna Kehitaman
Nah, berbeda dengan tipe-tipe lingkaran hitam sebelumnya, area bawah mata kehitaman sebenarnya bukan merupakan discoloration, melainkan bayangan yang terbentuk pada area bawah mata dan membuatnya terlihat gelap.

Baca Juga: Tips Tampil Percaya Diri Sebagai ‘Anak Baru’ di Kantor

Penyebabnya adalah struktur wajah, penuaan, atau berkurangnya berat badan yang membuat area bawah mata ‘berkurang volumenya’ dan menjadi cekung. Alhasil, area bawah mata pun tampak kehitaman karena terbentuknya bayangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply