Tips Menyiasati Makeup Tahan Lama untuk Wajah Berminyak

0
T MauTips.com, Jakarta. Kaum hawa merasa sering kesal karena wajah terlihat kusam sekaligus berminyak. Namun tak perlu khawatir, karena pemilik wajah berminyak terhindar dari garis-garis halus dan keriput. Minyak wajah akan membuat kulit selalu dalam kondisi lembab. Namun biasanya, mereka akan menemui tantangan berbeda saat merias wajah. Butuh waktu ektra, untuk menciptakan look yang tahan lama. Tak cukup membeli produk makeup yang berkualitas, cara penerapannnya sedikit tricky agar tak berakhir messy.

Berikut beberapa tips untuk merawat wajah berminyak, ikuti step by step demi look yang maksimal.

Bersihkan wajah dengan benar
Membersihkan wajah menjadi kunci utama, bagi pemilik kulit berminyak. Pastikan membersihkan wajah dengan benar di pagi hari. Gunakan pembersih yang mengandung paling sedikit 2 persen asam salisilat. Kandungan asam salisilat memabantu memecah dan mengeluarkan minyak dari kulit, tanpa membuatnya kering.

Bersihkan T-Zone
Jika area T-Zone berminyak, tak ada salahnya menggosoknya dengan pembersih yang mengandung alkohol. Kandungan antiseptik di dalamnya, membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Serta, membuat kulit bebas minyak tanpa berisiko kering.

Pelembab bebas minyak
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab. Pilih pelembab berkandungan ringan, tanpa minyak dan dan tidak bersifat creamy. Biarkan hingga beberapa saat, agar kandungannya meresap ke kulit. Setelah itu baru aplikasikan makeup.

Bedak sebelum foundation
Sebaiknya aplikasikan bedak tipis-tipis sebelum memakai foundation. Cara ini akan membantu menjaga wajah bebas minyak dalam waktu lama. Bedak akan membantu mengisi pori-pori di kulit, dan mencegah minyak tidak keluar selama hampir 8 jam.

Matte Primer
Primer sangat bagus untuk semua jenis kulit, tapi biasanya paling bermanfaat untuk pemilik kulit berminyak. Primer yang bersifat matte, akan memberi kanvas halus dan menjadi base sempurna sebelum mengulaskan makeup. Setelah membersihkan wajah, kenakan primer di sekitar dahi, hidung dan dagu.

Hindari concealer pada kelopak mata
Pemilik wajah berminyak dilarang untuk mengenakan concelaer pada kelopak mata. Membubuhkan concealer di area mata hanya akan membuatnya eyeshadow luntur. Ganti dengan primer khusus mata, yang akan membantu menyerap minyak.

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Pasta Gigi untuk Kecantikan

Foundation
Pilih foundation yang tepat, untuk menjaga riasan tahan sepajang hari. Pilih matte foundation berbasis mineral, bebas minyak dan tidak mengandung parfum. Aplikasikan foundation dengan brush, untuk membuatnya cepat membaur. Brush juga akan membantu mengisi pori-pori dan menyerap kelebihan minyak di kulit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply