Tips Mudah Hilangkan Noda Tinta Ungu Pemilu Usai Nyoblos

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini Indonesia menggelar pesta demokrasi Pemilihan Umum. Pemilu kali ini dilakukan untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, DPD, DPRI, dan DPRD. Tinta ungu menjadi penanda bagi setiap orang yang sudah menggunakan hak pilihnya.

Tinta ungu ini juga bisa membuat Anda mendapatkan banyak diskon pada hari pencoblosan. Namun, usai puas menggunakan diskon, sering kali tinta noda di jari tak bisa hilang apalagi jika sudah mengenai kuku. Jari yang memiliki sisa noda terlihat berbeda dibandingkan jari lain yang tidak dicelupkan tinta ungu. Tinta untuk Pemilu ini memang dirancang sulit hilang agar orang tidak menyalahgunakan hak pilihnya. Bahkan jika sudah digosok dengan sabun mandi, tinta ungu ini tetap masih bertahan. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada cara mudah dan praktis yang dapat menghilangkan sisa noda tinta ungu Pemilu yang tak banyak diketahui. Cara praktis ini dapat digunakan dengan menggunakan bantuan bahan yang mudah didapatkan.

1. Aseton
Aseton merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk membersihkan kuku dari kuteks. Aseton juga bisa digunakan untuk menghilangkan sisa noda tinta ungu di jari dan bagian kuku. Cara menggunakannya sama seperti membersihkan cat kuku.

2. Alkohol
Jika tak punya aseton, alkohol bisa jadi pilihan berikutnya. Sama seperti saat menggunakan aseton, tuangkan alkohol di kapas dan gosok pada jari yang bertinta sampai sisa noda hilang.

3. Losion tubuh
Losion tubuh juga bisa digunakan untuk menghilangkan sisa noda tinta ungu. Oleskan losion pada jari dan gosok hingga bersih. Selain losion tubuh, losion antinyamuk juga dapat digunakan.

4. Hand sanitizer
Cairan pembersih tangan juga dapat membersihkan sisa tinta sehabis Pemilu. Cukup gosokkan cairan hand sanitizer di tangan. Beri perhatian ekstra pada jari yang memiliki sisa noda.

5. Pasta gigi
Jangan salah, pasta gigi tak hanya bisa membuat gigi kembali kinclong. Kandungan dalam odol juga dapat membantu membersihkan tinta noda dan membuat jari kembali bersih. Oleskan pasta gigi ke jari yang terkena tinta, kemudian diamkan sebentar. Lalu gosok hingga bersih dan siram dengan air agar sisa pasta hilang.

6. Cuka
Cuka yang biasa digunakan untuk penambah rasa di makanan juga bisa menghilangkan sisa noda. Rahasianya ada di balik kandungan asam yang terdapat dalam cuka. Teteskan cuka pada kapas dan gosokkan ke jari hingga tinta menghilang.

Baca Juga: Pentingnya Punya Kebun di Rumah Untuk Anak-Anak

7. Garam dan jus lemon
Campuran garam dan jus lemon dapat menjadi pembersih alami bagi jari tangan Anda. Buatlah campuran garam dan perasan jeruk lemon. Lalu celupkan jari tangan yang terkena tinta selama beberapa menit. Kemudian, gosok sampai sisa tinta hilang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply