Alasan Mengapa Dunia Maya Lebih Asyik Daripada Teman di Sebelah

0
A MauTips.com, Jakarta. Hakikat manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri. Manusia akan mencari bantuan dengan sesamanya dalam segala aspek kehidupan. Sebuah perbuatan sederhana yang kaya akan manfaat. Hal kecil yang tidak mudah dilakukan oleh semua orang. Apalagi di era abad ke-21 dengan teknologi yang serba canggih dan serba maya, secara tidak langsung hal ini telah mengubah tatanan sosialisasi masyarakat.

Indonesia yang terkenal dengan keramah-tamahannya dan sistem gotong royong yang tinggi tampaknya tak menunjukkan lagi gaungnya. Pasalnya teman di dunia maya lebih mengasyikkan dari pada sekedar menyapa sebelah tempat duduk kita. Perubahan tatanan inilah yang perlu dikhawatirkan. Situs jejaring sosial yang paling banyak diakses yaitu Facebook dan Twitter.

Dan Indonesia sendiri menempati urutan ke-4 pengguna Facebook terbesar setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Dari survey yang dilakukan bisa digambarkan bahwa penggunaan media sosial yang semakin meningkat di Indonesia, dampak positif dengan mudahnya mengakses informasi dan jarak serta waktu yang tidak menjadi halangan memang ada.

Saat ini banyak kita saksikan anak muda yang betah berjam-jam untuk berkenalan ataupun sekedar menyapa dengan teman dunia mayanya yang bahkan status dan keberadaannya masih dipertanyakan.

Baca Juga: Bahaya Efek Buruk Menghirup Asap Dupa di Ruang Tertutup

Lalu ketika ia diundang untuk sekedar menghadiri acara hajatan tetangganya dengan mudah ia tolak karena berbagai alasan. Masih bisakah kita mempertahankan budaya ketimuran yang penuh etika. Yaitu menggalakkan kembali budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply