Bayi Ternyata Paling Sering Lahir di Waktu Ini

0
B MauTips.com, Jakarta. Ternyata bukan dari zodiak dan shio saja untuk mengetahui kepribadian anak. Bagi kebudayaan tertentu, seperti India, kepercayaan terhadap astrologinya yang disebut kundalis juga bisa mengetahui kepribadian anak dari jam kelahirannya.

Ternyata perkataan orangtua yang menyebutkan anak yang lahir siang hari cenderung penakut dan yang malam hari cukup berani bukanlah sekedar mitos. Sama seperti shio, beberapa jam kelahiran anak juga disimbolkan dengan hewan. Sebuah penelitian ilmiah di Inggris mengungkap hal unik bahwa mayoritas bayi lahir pada waktu dini hari. Studi itu dilakukan oleh ilmuwan dari University College London (UCL) dan University of London.

Hasil studi yang telah dipublikasi pada jurnal PLOS ONE tersebut menulis bahwa sekira 71,5 persen bayi lahir pada pukul 01.00 hingga 06.59. Dari rentang waktu tersebut, lebih sering lagi bayi lahir di jam 04.00 pagi, pada hari kerja. Itu berarti hanya sedikit bayi yang lahir di jam kerja antara pukul 9-5 sore, dengan jumlah prosentase hanya 28.5 persen.

Studi tersebut tentu saja hanya memasukkan kasus kelahiran normal untuk objek analisa, bukan kelahiran caesar yang waktunya bisa ditentukan sendiri oleh dokter. Kelahiran caesar, menurut penelitian ini, umumnya terjadi pada hari kerja sekira pukul 09.00-11.59.

Sangat jarang kasus kelahiran dengan metode caesar dilakukan pada malam hari, apalagi dini hari. Penelitian terhadap waktu kelahiran bayi itu dilakukan selama 10 tahun (2005-2014), dengan mengambil analisa pada lima juta persalinan di Inggris.

Baca Juga: Luangkan Waktu Rutin ke Pantai, Demi Kesehatan Mental

Paparan dari salah satu ilmuwan pemimpin penelitian tersebut, Peter Martin, dosen stastistik terapan di UCL menyebut alasan mengapa fenomena unik bayi lahir cenderung di saat dini hari. Menurut dia, hal itu karena dulu manusia hidup berkelompok yang aktifnya banyak di malam hari. Manusia jaman dulu menggunakan waktu siang untuk beristirahat dan berkumpul. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply