Begini Caranya Menikmati Kopi Tanpa Gula Tapi Tetap Manis

0
B MauTips.com, Jakarta. Kopi memiliki rasa yang cukup pahit. Untuk itu, penyajian kopi pada umumnya disandingkan bersama gula agar rasanya lebih manis dan nikmat. Tapi, ketika kopi dikonsumsi bersama gula apalagi dengan jumlah yang berlebihan, ini bisa membuat nutrisi serta vitamin pada kopi berkurang.

Gula yang dikonsumsi bersama kopi juga sangat memungkinkan tubuh lebih rentan terhadap risiko diabetes atau naiknya gula darah tubuh. Nutrisi sehat pada kopi akan senantiasa stabil dan maksimal jika dikonsumsi tanpa tambahan gula. Namun, bagi kita yang tak suka dengan kopi pahit, Bagaimana caranya untuk tetap mendapatkan seduhan kopi yang manis tanpa tambahan gula di dalamnya.

Ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rasa kopi semakin manis walau tanpa gula sedikit pun. Berikut beberapa bahan alami tersebut.

 

Jus Jeruk
Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula untuk pemanis kopi adalah jus jeruk. Rasa manis alami pada buah jeruk tidak hanya membuat rasa kopi lebih nikmat. Lebih jauh, ini juga bisa membuat aroma kopi semakin wangi dan menggugah selera.

Bubuk Kayu Manis
Selanjutnya ada bubuk kayu manis yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula. Walau bahan alami ini mengandung glukosa cukup banyak, ini masih lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Antioksidan di dalam kopi dan kayu manis bahkan dipercaya bisa menjadi obat berbagai penyakit.

Madu
Tambahkan madu secukupnya untuk setiap kopi yang kamu seduh. Madu akan membuat rasa kopi terasa semakin manis dan beraroma lebih khas. Madu bisa menjadi pengganti gula yang sangat baik dan memiliki manfaat mengagumkan buat kesehatan tubuh.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Empuk Enak Dengan Bumbu Kecap

Itulah beberapa bahan alami yang bisa membuat kopi tetap terasa manis meski tanpa ditambahkan gula di dalamnya. Tak hanya membuat kopi jadi lebih sehat, pemanis alami di atas juga membuat kopi terasa lebih khas. Semoga informasi ini bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply