Cara Bijak Orang Tua Hentikan Kebiasaan Ngompol Anak

0
C MauTips.com, Jakarta. Mengatasi kebiasaan mengompol pada anak bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kerjasama antara orang tua, anak, dan ahli media (jika kondisi semakin parah). Selain itu, kebijaksanaan yang diperlukan, kesabaran dan pengertian orang tua. Begitu banyak keluhan dari orang tua yang khawatir tentang kebiasaan mengompol anak mereka.

Selain itu, anak-anak yang masih memiliki kebiasaan buruk mengompol setelah melewati usia 6-7 tahun tentunya membuat orang tua khawatir akan menjadi kebiasaan yang berlanjut hingga remaja. Kebiasaan ngompol yang masih dimiliki oleh anak-anak usia 5 tahun ke atas tentu bukan hal normal.

Orang tua kadang marah melihat kasur basah kuyup akibat anak buang air kecil saat tidur dan melontarkan kata-kata yang tidak seharusnya. Kemarahan orang tua itu bisa jadi membuat keadaan anak makin parah. Sebaiknya orang tua bijak menyikapi kondisi ngompolnya anak. Berikut beberapa tips agar anak berhenti dari kebiasaan ngompol.

Kurangi asupan minum jelang malam
Anda harus membantu anak mengontrol asupan minumnya, agar tidak berlebihan terutama menjelang malam dan waktu tidur.

Antar anak pipis sebelum tidur
Biasakan anak untuk pipis dahulu sebelum tidur, agar tidak ngompol. Kebiasaan ini lama-kelamaan akan jadi hal yang ia lakukan sendiri.

Jelaskan dengan bijak dan pelan
Anak yang sering ngompol biasanya memiliki rasa minder dan kepercayaan diri rendah. Karena itu beri penjelasan bahwa ia pun berharga dan disayangi, serta harus melakukan hal baik yakni buang air kecil di kamar mandi.

Jangan mempermalukan
Kebiasaan mempermalukan anak-anak adalah hal buruk. Hindari melakukannya, namun Anda pun harus tegas memintanya untuk buang air kecil di kamar mandi. Bantu mereka jika anak takut ke kamar mandi saat malam.

Baca Juga: Tips Agar Aroma Mulut Tidak Terlalu Menyengat Saat Puasa

Ke dokter dan beri obat
Solusi lain adalah konsultasi ke dokter, jika ada yang salah dengan kandung kemih anak atau ia mengalami sleep apnea. Hal ini bisa didiagnosa lebih lanjut dan dilakukan pengobatan seperlunya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply