Cara Efektif Melindungi Anak Kita Dari Bahaya Pergaulan Bebas

0
C MauTips.com, Jakarta. Sebagian besar pelaku pergaulan bebas adalah remaja. Hal ini utamanya dikarenakan oleh minimnya edukasi mengenai hubungan seksual dan ketidaktahuan akan bahaya di baliknya. Kini begitu banyak anak muda yang terjerumus ke pergaulan bebas. Masa remaja adalah masa yang indah untuk mengukir cerita penuh kenangan.

Namun impian memiliki masa muda yang indah bisa hilang dalam sekejap apabila terjerumus ke dalam bahaya pergaulan bebas. Pergaulan bebas memiliki banyak pengertian tergantung dari pandangan moral seseorang. Salah satu bentuk pergaulan bebas dikaitkan dengan aktivitas hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda dan tanpa didasari ikatan pernikahan. Gaya hidup seperti ini dapat mengancam usia hidup seseorang. Berganti pasangan dapat memperburuk kesehatan seksual dan memperpendek rentang hidup.

Makin sering berganti pasangan, maka risiko terkena penyakit menular seksual (PMS) makin tinggi. Termasuk meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Bersikaplah secara terbuka saat mendengar dan menjawab pertanyaan dari anak-anak. Diskusikan hal ini dengan bijak dan jauh dari kesan menakut-nakuti. Mendukung anak dalam kegiatan yang disenanginya akan meningkatkan harga diri dan percaya diri si anak.

Baca Juga: Benarkah Banyak Minum Air Putih Bantu Menurunkan Berat Badan

Sehingga dengan sendirinya si anak tidak beralih ke pergaulan bebas untuk menarik perhatian. Waspadai pula pengaruh televisi, musik, film, atau jenis-jenis hiburan lain yang memikat anak. Anda bisa memberi mereka jadwal mengakses hiburan setelah waktu belajar dengan seimbang. Hal penting lainnya, berikan dorongan motivasi dan kesadaran kepada anak tentang pentingnya upaya menghargai diri sendiri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply