Cara Sederhana Melatih Mindfulness di Rumah

0
C MauTips.com, Jakarta. Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya. Dalam praktik mindfulness, seseorang dengan sengaja memusatkan perhatiannya pada apa yang dirasa dan terjadi saat itu juga, serta berlatih menerimanya tanpa melawannya.

Pandemi Covid-19 jadi cobaan untuk kesehatan mental banyak orang. Cemas adalah satu hal yang pasti. Berlatih mindfulness bisa membantu meredam cemas yang dirasa. Sejumlah penelitian ilmiah telah menemukan bahwa mindfulness jadi elemen kunci dalam menangani stres dan kecemasan. Tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di kelas meditasi atau yoga, Anda bisa mempraktikkan midfulness sendiri di rumah. Mindfulness juga bisa berarti memperhatikan kehidupan sehari-hari dan hal-hal biasa yang kita lalui. Jangan lupa bahagia, berikut beberapa trik mindfulness sederhana yang bisa Anda coba.

1. Meditasi dengan panduan aplikasi
Di zaman kiwari, meditasi semudah membuka laman aplikasi. Sejumlah aplikasi telah menawarkan panduan meditasi. Menggunakan panduan dari aplikasi adalah cara tepat untuk memulai meditasi.

2. Menggambar atau mewarnai
Beragam penelitian membuktikan bahwa kreativitas memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental. Menggambar atau mewarnai jadi salah satu cara kreatif paling sederhana yang bisa Anda coba.

3. Jalan kaki
Berjalan kaki sambil berjemur matahari pagi adalah pilihan tepat untuk saat ini. Sambil berjalan santai, perhatikan suara-suara yang muncul, angin yang menyapuh, dan aroma yang hadir di sekitar Anda.

4. Menengok langit malam
Pemandangan langit malam beserta bintang dan bulan memberikan emosi positif tersendiri. Keluarlah sebentar saat malam tiba dan tengok langit malam sambil bernapas perlahan.

5. Menyeduh teh
Menyeduh secangkir teh bisa menjadi salah satu cara latihan mindfulness Anda. Berikan fokus pada setiap langkahnya. Rasakan aroma teh yang keluar, uap air panas yang menyatu bersama udara, dan rasakan panas cangkir di tangan Anda.

6. Fokus pada satu hal di satu waktu
Pada dasarnya, mindfulness adalah perkara fokus. Atur timer pada ponsel Anda selama lima menit dan habiskan waktu tersebut dengan memberikan perhatian sepenuhnya pada satu hal, misal detak jantung.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Dalgona Milo, Cokelat dan Matcha

7. Menulis jurnal harian
Tak ada yang salah dengan menulis jurnal. Jika tak suka bertele-tele dengan tulisan panjang, Anda cukup membuat semacam ‘gratitude journal’. Jurnal ini mencatat tiga hal terbaik yang Anda alami di hari ini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply