Cara Terbaik Mengatasi Masalah Dengan Rekan Kerja

0
C MauTips.com, Jakarta. Bekerja sama dengan orang lain pastilah akan menghadapi banyak sekali tantangan. Sebenarnya, ada banyak sekali masalah yang akan kita hadapi dengan rekan kerja di kantor. Dan satu hal yang perlu diingat, tidak ada satu tempat kerja pun yang memiliki aturan yang menyatakan kalau semua pegawai harus menjadi teman Anda, atau mereka harus bekerja dengan ritme yang sama seperti Anda.

Kehidupan di kantor, bergelut dengan pekerjaan, berpikiran serius dengan banyak tekanan, pastinya akan menemui berbagai masalah yang melibatkan hubungan baik dengan rekan kerja. Berikut cara terbaik menghadapi konflik dengan rekan kerja.

Jaga emosi tetap tenang
Pertama yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang. Jangan menghadapinya dengan penuh emosi. Dengan bersikap tenang, menunjukkan bahwa kamu menghormati diri sendiri dan rekan kerja, sekaligus terlihat profesional.

Jangan bergosip
Kedua, jangan menyebar gosip buruk. Tentu saja kamu ingin menceritakan kejadian yang kamu alami, tapi tidak perlu menyebar cerita ke semua orang. Bukan hanya memberi citra buruk pada dirimu, tapi juga memperburuk hubungan dengan rekan kerja yang bermasalah denganmu. Ceritakan saja hanya pada rekan kerja yang terpercaya untuk mendapatkan saran.

Bicarakan dengan baik dan berkompromilah
Ketika situasinya sudah agak membaik, atau masalah itu harus cepat diselesaikan sehingga tidak ada kesalahpahaman, maka datangilah rekan kerja tersebut dan ajaklah berbicara. Komunikasikan dengan baik dan dengarkan penjelasannya. Begitu pula ia, perlu mendengar penjelasanmu. Dengan membuka masalah secara fair, kalian bisa saling memahami dan berkompromi dengan situasi masing-masing.

Konsultasi dengan HRD
Jika konflik dengan rekan kerja sepertinya tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, mau tidak mau akan ada efek terhadap profesionalitas pekerjaan. Hal ini bisa mengganggu produktivitas dan mood kerja. Hanya jika masalah menjadi sangat gawat, kamu bisa melaporkannya ke HRD. Tapi selama bisa diselesaikan dengan bertemu dan bicara empat mata, tidak perlu sejauh itu.

Baca Juga: Cara Melepaskan Stres Agar Bisa Cepat Tidur Nyenyak

Jika semuanya gagal, abaikan
Jika semua usaha untuk berdamai dengannya sudah kamu lakukan tapi tidak ada hasilnya, maka hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah mengabaikannya. Fokuslah pada dirimu dan lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply