Catat! Ini Tips Mengajukan KPR Bagi Freelancer

0
C MauTips.com, Jakarta. Memiliki sebuah rumah pribadi tentu akan menjadi idaman hampir semua orang. Rumah seringkali menjadi tolak ukur dari kesuksesan seseorang, sehingga sebagian besar orang yang telah bekerja dan memiliki penghasilan akan mengupayakan hal ini di dalam hidup mereka.

Membeli rumah bukanlah sebuah perkara yang mudah, mengingat aset yang satu ini memiliki nilai yang sangat tinggi, tergantung pada lokasi dan juga ukuran rumah itu sendiri. Namun, berapapun ukuran rumah yang ingin Anda beli, hal ini akan membutuhkan dana yang terbilang cukup besar. Sebab di Indonesia harga properti memang terbilang cukup tinggi dan bahkan mengalami kenaikan yang cukup besar setiap tahunnya.

Penghasilan bulanan, jumlah gaji, ini tentu akan menjadi faktor utama yang menentukan mampu atau tidaknya Anda memiliki sebuah rumah pribadi. Berikut ini adalah tips untuk mengajukan KPR bagi freelancer.

Siapkan Angsuran yang Masuk Akal
Meskipun freelancer tidak memiliki pendapatan yang tetap, tapi bukan berarti kamu tidak dapat menyiapkan besarnya angsuran yang masuk akal. Sebagaimana anjuran para ahli keuangan, rasio hutang maksimal yang bisa ditanggung oleh seseorang adalah sebesar 30-40% dari total penghasilan tetapnya.

Nah, untuk menentukan besarnya angsuran ini pastikan menghitungnya dengan benar. Dan siapkan dana darurat sebesar 3 kali angsuran untuk berjaga-jaga jika tidak dapat mengangsur karena tidak ada penghasilan.

Pilih Harga Rumah yang Sesuai dengan Kemampuan
Saat mengajukan KPR pastikan memilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri. Selalu pilih rumah yang tepat dan tidak terlalu mahal. Artinya, jumlah penghasilan per bulan dapat membayar sejumlah cicilan rumah tersebut, tanpa menimbulkan sejumlah hutang atau tunggakan.

Baca Juga: Tips Belanja Online Tanpa Takut Dibayangi Fobia Online

Siapkan Uang Muka yang Memadai
Jumlah uang muka seringkali menjadi pertimbangan Bank untuk memberikan pinjaman. Maka siapkan uang muka KPR yang memadai. Jika memungkinkan bayar uang muka dengan nominal yang cukup besar, hal ini akan membantu mengurangi rasio utang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply