Faktor Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah

0
F MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini mungkin Anda cepat merasa capek atau lelah yang diselingi dengan menguap saat beraktivitas. Bisa jadi, rasa kantuk yang terjadi karena tidak cukup tidur, kurang energi, atau bahkan merupakan tanda atau gejala penyakit, seperti anemia.

Waspadalah, kenali penyebab rasa lelah dengan menyimak beberapa poin berikut ini. Temukan penyebabnya beserta kiat-kiat dalam mengatasinya.

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan memicu kenaikan gula darah, sehingga pankreas menghasilkan insulin dalam jumlah besar untuk mengeluarkan gula darah, dan masuk ke dalam sel. Untuk mengatasi kelelahan, ganti gula dan karbohidrat olahan dengan makanan utuh yang kaya serat, seperti sayur dan kacang-kacangan.

Kurang asupan kalori
Ketika tubuh kurang asupan kalori, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi, sehingga menyebabkan kelelahan. Tubuh membutuhkan minimal 1.200 kalori per hari guna mencegah perlambatan metabolisme.

Kurang tidur
Kurang tidur membuat tubuh Anda menjadi lesu, mudah lelah dan tak semangat beraktivitas. American Acedemy of Sleep Medicine and Sleep Research Society menyarankan orang dewasa butuh rata-rata tujuh jam untuk mendapat tidur yang berkualitas. Jika tidur Anda cukup dan berkualitas, maka Anda akan terbangun dengan perasaan semangat dan tubuh terasa segar.

Agar mendapatkan tidur berkualitas, disarankan Anda melakukan aktivitas fisik pada siang hari, juga rutin berolahraga. Biasakan juga tidur pada rentang waktu yang sama setiap malam. Jika Anda memiliki gangguan tidur, segera konsultasikan dengan dokter.

Stres kronis
Stres kronis dapat berdampak pada tingkat energi dan kualitas hidup Anda. Anda disarankan mengelola stres dengan baik untuk menghindari kelelahan. Anda juga disarankan untuk melakukan relaksasi dengan yoga maupun meditasi untuk mengihlangkan stres, dan membuat Anda lebih enerjik.

Baca Juga: Daftar Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes

Kurang asupan protein
Kurangnya asupan protein dalam tubuh dapat mengakibatkan kelelahan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah mahasiswa di Korea yang rajin mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, dan telur dua kali sehari membuat mereka tak cepat lelah.

Selain makanan yang disebutkan tadi, sumber protein yang tak kalah bergizinya adalah susu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply