Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Program Hamil

0
H MauTips.com, Jakarta. Bagi pasangan yang hendak punya anak atau menambah momongan, tahu masa subur wanita penting guna memperbesar peluang kehamilan. Lantas, kapan masa subur wanita berlangsung, kalau siklus menstruasi teratur, hitung mundur dari tanggal menstruasi berikutnya dikurangi 14. Nah masa subur dimulai dua hari sebelum tanggal tersebut sampai dua hari sesudahnya.

Masa subur terjadi di sekitar waktu ovulasi. Untuk memperbesar peluang kehamilan disarankan pasangan suami istri bercinta lima hari menjelang sampai akhir ovulasi. Pada saat ovulasi, sel telur dewasa akan keluar dari ovarium dan menuju ke tuba falopi. Ketika ada sperma, maka kemungkinan besar sel telur dibuahi. Masa persiapan kehamilan tidak kalah penting dari masa kehamilan. Sebab, persiapan kehamilan yang baik sangat berpengaruh pada kehamilan dan proses melahirkan yang sehat.

Persiapan yang tepat juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Hal pertama yang harus dilakukan adalah konsultasi ke dokter kandungan. Hal ini dilakukan agar mendapatkan anjuran yang benar sesuai kondisi kesehatan.

Dianjurkan agar wanita yang siap hamil melakukan pemeriksaan gangguan ovulasi, Pcos (sistem ovarium polikistik), gangguan bentuk rahim, penyakit pengentalan darah, dan infeksi TORCH. Hal kedua yang tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang tepat secara kualitas dan kuantitas.

Di antaranya yang terpenting adalah asupan asam folat. Faktanya, asam folat yang terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli dan asparagus dapat memengaruhi tingkat kesuburan. Nutrisi sebelum kehamilan diperlukan untuk mencegah kekurangan asam folat, zat besi, antioksidan, dan vitamin D.

Diperlukan juga asupan kalsium, zink dan asam folat untuk mempersiapkan organ reproduksi. Makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan asupan rendah lemak juga diperlukan untuk menjaga berat badan yang ideal.

Baca Juga: Tips Atasi Badan Cepat Lelah dan Pegal Karena Faktor Usia

Maka dari itu lengkapi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi susu persiapan kehamilan. Susu rendah lemak yang mengandung asam folat, zinc, dan nutrisi lengkap lain untuk menjaga sistem reproduksi serta daya tahan tubuh agar siap bagi tumbuh kembang janin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply