Ini Alasan Hindari Memakai Tisu Basah Setiap Hari Pada Bayi

0
I MauTips.com, Jakarta. Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja.

Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Memakai tisu basah memang praktis dan cepat, serta higienis. Tak heran jika kaum ibu muda saat ini lebih memilih menggunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran di bokong bayi mereka ketimbang memakai air. Akan tetapi hal itu tidak disarankan oleh pihak medis. Tisu basah umumnya mengandung banyak bahan kimia, serta pewangi dan alkohol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang lembut dan sensitif.

Bahan kimia tersebut bisa pula menyebabkan ruam merah yang makin lama dapat menjadi luka jika diaplikasikan setiap hari. Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Bamed Skincare, karena hal itu tisu basah tidak disarankan untuk pemakaian rutin setiap hari.

Jika hanya sesekali atau saat dalam perjalanan, maka tisu basah silahkan dipakai sebab memang praktis. Selain itu, pilihlah tisu basah khusus untuk bayi yang memang kandungan bahan kimianya sedikit.

Baca Juga: Tips Bikin Pori-Pori Wajah Mengecil Dengan 4 Bahan Alami

Jika mungkin, gunakan yang non alkohol dan non pewangi sehingga kulit tidak mengalami iritasi. Cara pakai yang disarankan adalah sekali gosok, lalu buang. Jangan gosok berkali-kali sebab kotoran bisa menyebar. Dengan begitu kulit bayi akan terjaga lebih bersih dan sehat tidak iritasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply