Ini Cara Agar Hasilnya Akurat, Jika Ragu Dengan Hasil Tes Pack!

0
I MauTips.com, Jakarta. Uji strip kehamilan atau test pack merupakan salah satu metode sederhana yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Prinsip umum tes ini adalah mendeteksi kadar hormon hCG dalam urin. Hormon ini meningkat pada wanita hamil, umumnya sejak hari ke 10-14 setelah pembuahan.

Hasil positif bila terdapat dua garis merah dan hasil negatif ditandai dengan satu garis merah. Pada umumnya jika test pack memberikan hasil berupa tanda dua garis walaupun salah satu garis terlihat samar, maka kemungkinan besar Anda hamil. Garis yang terlihat samar menandakan bahwa kadar hormon hCG yang dihasilkan masih belum terlalu tinggi. Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah.

Apalagi untuk pengantin baru, tentunya momen tiap bulan adalah momen yang dinanti-nanti untuk mengecek apakah pembuahan sudah terjadi sempurna. Banyak sekali kasus terjadi, perempuan yang tidak menyadari dirinya hamil.

Salah satunya karena saat melakukan tes kehamilan menggunakan tes pack, hasilnya negatif. Padahal sebetulnya ia sedang mengandung. Lalu, bagaimana caranya agar tes pack bekerja secara akurat?

Cek tanggal kedaluwarsa tes pack
Gunakan tes pack yang masih baru agar lebih akurat. Kamu bisa mengecek tanggal kedaluwarsanya di kemasannya.

Pelajari instruksi dan simbol yang tertera dengan cermat
Sangat disarankan membaca instruksi dan memahami tiap simbol yang tertera dengan cermat. Jika ragu, kamu bisa pergi ke apotik dan bertanya kepada apoteker. Atau teleponlah nomor layanan customer service yang biasanya tertera di kemasan tes pack.

Lakukan berbagai metode untuk mengecek akurasinya
Kamu bisa merendam tes pack di wadah berisi urin, atau langsung buang air kecil di atas tes pecknya. Lakukan berbagai metode untuk memastikan kebenarannya.

Tunggu hasilnya
Setelah selesai dengan tesnya, letakkan stik tes pack secara horisontal di atas permukaan datar untuk memunculkan hasilnya. Tunggu selama 1-5 menit. Umumnya, tes pack yang hasilnya positif memunculkan dua garis merah.

Baca Juga: Benarkah Kebiasaan Minum Air Es Bikin Tubuh Makin Gemuk?

Saat terbaik untuk melakukan tes ini adalah pagi hari karena urin masih pekat dan hCG level tertinggi. Tunggu setidaknya sehari setelah telat haid sebelum melakukan tes. Yang terbaik adalah menunggu setelah 1 minggu, jika tidak kunjung haid lakukan tes dengan tes pack. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply