Ini Jawaban Ketika Anak-Anak Bertanya ‘Prostitusi Itu Apa’

0
I MauTips.com, Jakarta. Pasca tertangkapnya artis VA karena dugaan prostitusi online membuat ramai jagat maya. Disebut-sebut Rp 80 juta menjadi tarif artis yang melakukan prostitusi tersebut. Seketika ’80 juta’ dijadikan bahan meme candaan oleh warganet. Dan bahkan meme-meme yang dibuat kerap mengarah pada seksualitas alias cabul.

Bagaimana kalau dilihat oleh anak? Disarankan agar orang tua tidak panik ketika mengetahui anak melihat meme seperti itu. Mengalihkan kepanikan pada penjelasan yang sesuai dan seharusnya dijelaskan pada anak-anak atau remaja. Jika saat remaja melihat meme tersebut dan merepresentasikannya ke arah seksualitas, bahwa itulah waktunya untuk mengedukasi anak mengenai pengetahuan seksual sejak dini. Orang tua harus melakukan active mediation, yaitu memberikan penjelasan pada anak dengan alasan-alasan yang tepat.

Bukan hanya melarang namun tidak diberi tahu apa alasannya anak tidak boleh melakukan hal itu. Bagaimana juga jika anak bertanya ‘prostitusi itu apa sih’? Nah, sebagai orang tua jangan panik menjawab pertanyaan si kecil. Menurut psikolog, menjawab pertanyaan tersebut tidak perlu berdasarkan usia sang anak.

Namun orang tua harus memahami kondisi anaknya sejauh mana ia mampu menyerap informasi dengan benar. Jika anak masih terlalu dini untuk mengerti hal tersebut dan pertanyaannya hanya karena sering mendengar istilah tersebut, lebih baik orang tua menjelaskannya hanya secara singkat.

Namun apabila merasa anak sudah memiliki kemampuan untuk mengerti lebih jauh atau sudah mendapatkan pendidikan seksual dini di sekolah, disarankan untuk menjelaskan secara detail mengenai hubungan seksual.

Orang tua juga harus memberikan penjelasan sesederhana mungkin namun tidak menyimpang dari maksud yang sebenarnya, dengan bahasa yang simpel agar maksudnya tersampaikan dengan baik. Tentunya disertai pesan yang mudah dipahami oleh anak.

Baca Juga: Tips Atasi Ban Mobil Pecah, Ada Tekniknya

“Nah… tubuh itu tidak boleh untuk diperjualbelikan untuk mendapatkan uang seperti demikian yah Nak. Orang yang boleh melakukan hal tersebut ke kamu hanyalah suami atau istri yang kamu nikahi nanti,” salah satu contoh pesan yang dimaksud. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply