Ini Kondisi Ibu Hamil yang Mempengaruhi Kecerdasan Bayi

0
I MauTips.com, Jakarta. Kondisi ibu hamil pasti memengaruhi gimana kondisi si kecil ketika lahir nanti, termasuk kesehatan dan kecerdasan anak kelak. Maka dari itu sudah pasti ibu hamil akan berusaha menjaga kesehatannya. Misalnya aja morning sickness yang dialami ibu hamil turut menentukan kecerdasan dan kepribadian bayi.

Berikut ini kondisi ibu saat hamil yang bisa berpengaruh pada kecerdasan bayi.

Makan Licorice
Bila ingin sesekali makan licorice nggak apa-apa karena herba ini disebut bisa memberi efek negatif kalau dikonsumsi sekitar 100 gram atau lebih setiap minggunya.

Waktu Melahirkan
Memang, ibu hamil tak bisa mengatur kapan si bayi lahir bila proses persalinannya normal. Tapi, kalau bayi terlalu lama di rahim ada efek pada pembelajaran anak.

Stres Saat Hamil
Tingkat stres saat bunda hamil juga bisa berdampak ke bayi. Live Science menemukan hormon stres yang terpapar ke bayi saat Bunda hamil bisa berdampak lebih lama daripada yang dibayangkan. Area otak yang menurut para ahli berkaitan dengan pengaturan emosi dapat lebih tipis pada anak-anak yang lebih tua yang terkena banyak glukokortikoid ketika mereka berada di rahim.

Morning Sickness
Para peneliti mencatat anak-anak ini masih dalam rentang normal pada tes kecerdasan. Tapi mereka mendapat skor lebih tinggi di tes tertentu terutama jika ibu mengalami morning sickness lebih sering saat hamil.

Masalah Tiroid
Kalau Bunda memiliki masalah tiroid, itu juga bisa berdampak pada perkembangan bayi. Untuk menghindari masalah ini cobalah untuk skrining hormon tiroid sebelum hamil. Terlalu banyak atau tidak cukupnya hormon tiroid dalam darah saat hamil bisa merugikan. Tingkat yang terlalu rendah dapat dikaitkan dengan IQ bayi yang lebih rendah di kemudian hari.

Baca Juga: Kenali Gejala Hamil Anggur Parsial dan Komplet

Konsumsi Lebih Banyak Omega-3
Ibu hamil pastinya harus makan makanan yang sehat. Salah satu yang penting adalah makanan yang mengandung omega-3. Konsumsi omega-3 saat hamil sangat penting karena penelitian telah menunjukkan omega-3 bisa meningkatkan perkembangan mental. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply