Ini Solusi Penuhi Kebutuhan Nutrisi Saat Menyusui

0
I MauTips.com, Jakarta. ASI mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan si kecil untuk tumbuh kembang yang optimal. Momen menyusui akan menjadi momen yang paling berkesan untuk bunda. Sebab, momen ini akan membuat bunda merasa lebih dekat dengan si kecil.

Di momen ini, bunda menjadi perantara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil melalui air susu ibu (ASI). ASI bukan hanya sekedar susu. ASI mengandung limfosit, makrofag, dan antibodi yang bisa mencegah bayi terinfeksi dengan penyakit tertentu. Itulah mengapa ASI begitu penting untuk memenuhi kebutuhan si kecil selama seribu hari pertamanya. Namun tahukah bunda bahwa setelah melahirkan, tubuh bunda akan mengambil simpanan zat gizi yang terkandung dalam tubuh untuk memproduksi ASI? Oleh karena itu, ibu menyusui (busui) tidak dianjurkan untuk mengurangi asupan zat gizi pasca melahirkan. Tujuannya untuk menggantikan kehilangan simpanan zat gizi dan untuk proses kerja tubuh yang normal.

Selain itu, banyaknya ASI bisa dipengaruhi status gizi dan kecukupan asupan harian bunda. Pemenuhan kebutuhan nutrisi selama menyusuisangat penting. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, tubuh akan mengambil kebutuhan tersebut dari cadangan tubuh. Misalnya bunda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, tubuh akan mengambil kalsium yang dibutuhkannya dari tulang. Inilah mengapa busui adalah kelompok orang yang rentan kehilangan kalsium.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui, baik untuk kebutuhan bunda maupun kebutuhan untuk produksi ASI bagi si kecil. Faktanya, momen menyusui selama dua tahun pertama merupakan waktu terbaik untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi yang baik. Dengan begitu, si kecil bisa menjadi anak yang sehat dan tumbuh kembangnya maksimal.

Baca Juga: Tips Menggunakan Lilin yang Aman Saat Listrik Padam

Bunda juga perlu tahu, saat momen menyusui, bunda perlu makan makanan yang bergizi. Contoh makanan dan minuman yang baik bagi ibu menyusui antara lain ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, blueberry, beras merah, jeruk, telur, roti gandum, sayuran berdaun hijau, sereal gandum, serta air mineral. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply