Jangan Panik, Ini Cara Atasi Muntah Pada Anak

0
J MauTips.com, Jakarta. Saat anak anda muntah, wajar jika sebagai orang tua anda langsung panik. Jika muntah pada anak berkepanjangan, anda harus segera mencari tahu apa penyebabnya bisa melalui live chat di guesehat.com untuk tahu obat muntah anak. Namun, tenang saja jika muntah pada anak hanya berlangsung sebentar, anda hanya perlu tenang sambil berpikir bagaimana mengatasinya.
Hal yang biasa terjadi saat muntah bisa berlangsung tidak lebih dari dua hari. Jika lebih dari itu dan frekuensinya lebih sering, maka anda perlu membawa anak anda mencari pertolongan medis. Yang paling penting dan harus diingat sebagai orang tua adalah jangan membiarkan anak anda dehidrasi serta beri oralit. Jika muntah semakin parah, anda harus membawanya langsung ke dokter.
Muntah yang Parah Pada Anak

1. Nyeri perut
Anda harus waspada jika nyeri yang ada di perut sebelah kanan lalu buah hati anda terlihat lemas. Jika anak anda kemudian terlihat penyakit kuning disertai nyeri perut di bagian kanan atas, bisa jadi hal tersebut memicu terkena penyakit Hepatitis. Selain tanda-tanda Hepatitis, muntah dan sakit perut di bagian kanan juga bisa menjadi gejala usus buntu.

2. Ada darah
Seperti penyakit luka lama sembuh, muntah juga bisa menandakan gejala penyakit parah, Maka dari itu, apabila ada darah yang muncul di muntahan anda sangat sedikit, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut. Namun apabila muntahan darah tersebut semakin banyak atau semakin kehitaman, maka anda harus langsung bawa anak ke Instalasi Gawat Darurat yang paling dekat.

3. Terjadi secara terus-menerus
Jika anak anda terus menerus muntah makanan atau minuman apapun yang sudah ia telan, tubuh anak anda malah akan kehilangan banyak cairan dan nutrisi yang sedang dibutuhkan. Saat itu, anda langsung saja menghubungi Rumah Sakit atau Klinik terdekat.

4. Nyeri perut
Telah dijelaskan di atas jika adanya nyeri perut nanti bisa menjadikan muntah tersebut salah satu gejala usus buntu, terutama apabila sakit perut ada di bagian kanan. Jika anak anda mulai terlihat lemas dan ada tanda penyakit kuning, waspada dan langsung bawa ke Rumah Sakit atau klinik terdekat.

Baca Juga: Antara Kekhawatiran dan Pijakan Masa Depan, Influencer Cilik!

5. Beri makanan diare
Maksudnya di sini adalah, apabila muntah pada anak tersebut sudah mereda, maka anda harus memberikannya makanan menu padat. Termasuk makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti, sereal, nasi, daging tanpa lemak, yoghurt, buah-buahan, maupun membeli sayur-sayuran. Anda pun harus tetap menghindari makanan berlemak untuk si kecil. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply