Kapan Malam Lailatul Qadar? Persiapkan Dengan Membaca Doa Ini

0
K MauTips.com, Jakarta. Berdasarkan hadis nabi Muhammad SAW, diriwayatkan oleh Bukhari, disebutkan lailatul qadar akan datang pada malam-malam Ramadhan di sepuluh hari terakhir. Malam Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil pada 10 hari terakhir ramadan. Bulan Ramadan memang selalu dinanti. Selama satu bulan penuh umat islam diwajibkan untuk puasa.

Ada banyak hal keutamaan Ramadan, salah satunya adalah dibukanya pintu maaf oleh Allah SWT kepada umatNya yang mau bertaubat. Nah, menjelang 10 hari terakhir Ramadan ada malam yang dinanti yaitu malam Lailatul Qadar. Lalu kapan malam Lailatul Qadar terjadi? Lebih rinci, Rasulullah Muhammad SAW memberikan petunjuk kapan malam Lailatul Qadar akan datang. Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa. (HR. Bukhari).

Saat malam Lailatul Qadar dianjurkan utnuk banyak membaca doa yaitu sebagai berikut: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni. Yang artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Malam Lailatul Qadar sangat dinanti, karena malam tersebut memiliki banyak keutamaan antara lain, malam penuh keberkahan, malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan bagi yang mendapatkan malam Lailatul Qadar maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya. Dan yang memilih pendapat bahwa lailatul qadar adalah malam kedua puluh tujuh sebagaimana ditegaskan oleh Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu.

Baca Juga: Resep Nastar Kue Kering Lebaran, Lumer di Mulut

Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari bahwa lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun.

Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply