Kenali Bahaya Pemakaian Masker Pada Bayi

0
K MauTips.com, Jakarta. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) secara khusus memperingatkan orang tua dan pengasuh untuk tak memakaikan masker ke bayi atau anak berusia di bawah 2 tahun.

Lembaga ini hanya menganjurkan pemakaian penutup wajah atau masker untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, orang tua dan para pengasuh. Ahli kesehatan dan dokter menyarankan para orang tua untuk tak mengenakan masker pada bayinya. Sebab alih-alih terhindari dari paparan virus corona, bayi Anda bisa saja justru kesulitan bernapas. Peringatan serupa diutarakan dokter spesialis penyakit dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan pemakaian masker pada bayi akan mengganggu sirkulasi pernapasan. Alasan mengapa bayi tak seharusnya memakai masker ini dijelaskan para ahli seperti dikutip dari Nation Wide Childrens.

Lantas apa upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi para bayi dari virus corona penyebab Covid-19?

1. Batasi paparan dan hindarkan bayi dari kontak publik yang tak perlu.

2. Jika terpaksa keluar untuk keperluan penting dan mendesak, lapisi gendongan bayi dengan selimut sehingga melindungi bayi tapi di lain sisi tetap memberi ruang untuk bernapas dengan nyaman.

3. Jangan meninggalkan selimut gendongan bayi di mobil atau membiarkan selimut dan gendongan bayi tak dalam pengawasan Anda–sebagai orang tua ataupun pengasuh.

4. Jaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik setiap kali hendak menyentuh bayi.

Baca Juga: Cara Yang Benar Membuang Masker Sekali Pakai

5. Gunakan masker saat menggendong atau menyusui bayi. Ketika memompa ASI, ingatlah untuk selalu memastikan kebersihan tangan sebelum menyentuh botol, alat pompa atau perkakas lain. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply