Kenali Dampak Negatif Media Sosial Bisa Picu Seseorang Bunuh Diri

0
K MauTips.com, Jakarta. Saat ini di era media sosial membawa baik dampak positif maupun dampak negatif. Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika bermain di media sosial, karena rupanya konten atau komentar negatif bisa memicu seseorang untuk bunuh diri. Media sosial sebagai salah satu faktor pemicu.

Oleh karena itu pentingnya empati dan tidak cuek terhadap orang lain, baik yang kita kenal maupun tidak, untuk menghindari kemungkinan kita memicu seseorang untuk bunuh diri. Baik dalam kondisi kejiwaan sehat maupun tidak, seseorang rentan mengalami trauma sekunder akibat menyaksikan hal-hal tersebut. Trauma sekunder yang berulang-ulang dapat menyebabkan orang yang semula sehat jiwa, mulai mengalami pemikiran untuk bunuh diri, meningkatkan stres dan depresi atau efek samping lainnya. Penyebaran konten juga dapat memicu bunuh diri tiruan (copycat suicide).

Informasi bunuh diri yang terlalu mendetail seperti ciri-ciri orang, asumsi penyebab, dan metode yang jelas, dapat mendorong orang yang sedang depresi, memiliki masalah pribadi, atau memiliki pemikiran bunuh diri, untuk ikut melakukan bunuh diri.

Pemberitaan bunuh diri harusnya menjadi momentum untuk mengundang orang-orang yang memiliki pemikiran bunuh diri atau depresi untuk mencari pertolongan kepada orang terdekat atau menghubungi tenaga profesional kesehatan jiwa.

Jika menemukan konten bunuh diri yang terlalu eksplisit di media sosial, kita bisa melakukan hal-hal berikut.

1. Segera laporkan konten tersebut untuk dihapus.
2. Hentikan penyebaran informasi terkait orang yang bunuh diri. Izinkan keluarga yang ditinggalkan untuk berduka, tanpa harus dihantui stigma.

3. Hentikan penyebaran foto atau video yang dapat menimbulkan kehendak bunuh diri pada orang depresif. Jangan sebarkan jika kita menerimanya, dan ingatkan teman-teman kita di media sosial untuk berhati-hati saat menerima foto atau video tersebut.

Baca Juga: Tips Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker Pada Anak

4. Tahan segala macam komentar negatif dan asumsi mengenai kasus bunuh diri tersebut. Komentar dan asumsi negatif di media sosial yang dibaca oleh orang dengan kecenderungan bunuh diri dan depresi akan membuat mereka enggan mencari bantuan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply