Kenali Gejala Dini Keguguran Yang Tidak Disadari

0
K MauTips.com, Jakarta. Beberapa wanita bisa mengalami keguguran berulang kali karena adanya cacat genetik atau sedang mengidap penyakit berat. Seringkali, gejala keguguran tidak disadari yang menyebabkan wanita merasa masih ‘hamil’ sebelum mengunjungi dokter.

Banyak wanita yang mempercayai mengangkat benda berat atau mengalami stres yang berlebihan menyebabkan mereka mengalami keguguran. Faktanya, keguguran terjadi karena adanya kelainan kromosom yang tidak dapat dicegah. Agar lebih peka, ada baiknya mengenali gejala atau potensi keguguran dini. Berikut berbagai tandanya wanita bisa mengalami keguguran berulang kali. Ketika hamil, bercak darah akan sering dialami oleh wanita. Ketika telur dibuahi, maka bercak akan bermunculan dan hal ini sangat normal. Namun yang harus diwaspadai ketika pendarahan berat terjadi.

Bisa saja plasenta mengalami masalah ketika berkembang yang perlu dipantau oleh ahli kandungan. Jika melihat adanya gumpalan atau pembekuan darah yang besarnya seukuran lemon, itu bisa menjadi gejala keguguran dini. Jika hamil dan melihat sesuatu yang terlihat aneh keluar dari vagina, segera kunjungi dokter.

Kram ini berasal dari kontraksi uterus yang mencoba menggugurkan kandungan. Kram juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kehamilan lainnya, seperti kehamilan ektopik yaitu ketika telur yang dibuahi menempel sendiri di suatu tempat di luar rahim, biasanya ke tuba fallopi. Sakit punggung ketika sedang hamil memang normal-normal saja.

Tetapi harus diperhatikan ketika sakit punggung mengalami sakit punggung yang sangat berat. Jika mengalami kondisi ini ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter untuk melihat kondisi janin dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Gejala ini bisa menjadi tanda bahwa janin sudah tidak berada di rahim lagi.

Dalam situasi lain, wanita dapat mengalami fase kehamilan yang tidak bisa bertahan atau keguguran yang tidak disadari. Ini terjadi ketika janin gagal berkembang terutama di trimester pertama. Kondisi ini juga bisa ditandai ketika rasa mual tiba-tiba hilang.

Baca Juga: Tips Putihkan Leher Hitam Dengan 5 Bahan Alami

Jika tiba-tiba haid datang terlambat padahal sebelumnya selalu tepat waktu, bisa saja hamil namun tidak sadar sebelum mengalami keguguran. Hal ini bisa saja terjadi ketika telur dan sperma menyatu dan tubuh menghasilkan hormon HGC yang berasal dari embrio namun janin gagal berkembang. Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply