Kenali Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

0
K MauTips.com, Jakarta. Jika seseorang kurang tidur atau hanya ingin mencari waktu untuk istirahat, Anda mungkin memilih untuk tidur siang sebentar. Mungkin Anda lebih sering mendengar anjuran tidur siang untuk anak-anak. Padahal, tidur siang tidak hanya berlaku untuk anak-anak, orang dewasa pun juga membutuhkannya. Namun, Anda perlu tahu cara tidur siang yang baik. Tidur siang yang baik memberikan berbagai manfaat untuk orang dewasa. Namun jika memungkinkan, sebaiknya tidur siang dijadikan kebiasaan karena memberikan manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat tidur siang yang perlu diketahui.

Meningkatkan Daya Ingat Otak
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur memiliki manfaat yang penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. Tidur siang juga bisa membantu meningkatkan daya ingat. Tidur siang juga bermanfaat untuk meningkatkan motorik persepsi indera dan ingatan verbal.

Membuat Suasana Hati Membaik
Jika kamu sedang merasa sedih, bad mood atau tidak bersemangat, ada baiknya mencoba untuk tidur siang sejenak. Tidur siang juga dapat membantu kamu memperbaiki suasana hati. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membuat kamu menjadi lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas. Beristirahat dan tidur selama satu jam dapat membantu mencerahkan penampilan kamu.

Meningkatkan Kesabaran
Ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari Universitas Michigan, Amerika Serikat. Mereka melakukan riset pada beberapa orang terkait kesabaran. Orang-orang tersebut diminta untuk mengerjakan tugas yang menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang telah tidur siang dapat bertahan dalam waktu 90 menit. Sebaliknya, peserta yang tidak melakukan tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 menit saja.

Mampu Meningkatkan Kreativitas
Tidur siang juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan kreativitas kamu. Dengan meningkatnya fokus, memori dan kewaspadaan, melakukan tidur siang dapat merangsang otak menjadi lebih kreatif. Ini akan membantu kamu memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Sudah banyak prisikiater yang membuktikan kalau tidur siang dapat meningkatkan kreativitas.

Baca Juga: Tips Jadikan Rumah Serasa Tempat Travelling

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Selain olahraga, menjaga tubuh agar tetap sehat bisa kamu lakukan dengan istirahat yang cukup. Melakukan tidur siang adalah cara yang tepat. Tidur siang mampu membantu menurunkan tekanan darah didalam tubuh. Menurut penelitian, saat sedang terlelap tubuh tidak bekerja secara penuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply