Kenali Sikap Posesif yang Berpotensi Merusak Hubungan

0
K MauTips.com, Jakarta. Setiap pasangan tentu akan timbul rasa memiliki dan cemburu. Namun, jika kadarnya sudah berlebihan alias posesif, berhati-hatilah karena jika dibiarkan akan membuat hidup kita selalu dikontrol.

Hal ini bukan hanya tidak nyaman tapi juga membuat hubungan tak bertahan lama. Sayangnya, tak gampang membedakan apakah pasangan memang hanya sekadar perhatian atau mulai bersikap posesif. Selain itu, kadang kita juga ingin mencoba bertahan dan berharap sikap posesifnya akan berkurang.

Anda dapat mengenali tanda-tanda pasangan yang mulai posesif.

Tidak menghormati
Sikap tidak menghargai atau menghormati adalah tanda dari hubungan yang posesif. Pada beberapa kasus, tujuan orang yang posesif adalah membuat kita merasa tidak berdaya atau tidak mampu mencari hubungan lain sehingga kepercayaan diri kita rendah.

Cemburu berlebihan
Orang yang posesif sering mengekspresikan kecemburuan. Dalam kasus yang ekstrem, pasangan yang posesif akan memutus hubungan Anda dengan teman atau keluarga.

Selalu mengancam
Mereka yang posesif cenderung akan mengancam jika keinginannya tidak dipenuhi. Misalnya saja, ancaman untuk meninggalkan. Dalam beberapa kasus, orang yang posesif juga akan mengancam keamanan dirinya sendiri, misalnya mengancam ingin bunuh diri atau lainnya jika Anda menghabiskan waktu melakukan hobi bersama teman. Tujuannya karena ia ingin Anda hanya selalu bersamanya.

Senang mengontrol
Perilaku senang mengontrol adalah salah satu tanda posesif. Bukan hanya fisik, emosi dan finansial juga harus berada di bawah kendalinya. Pasangan yang posesif juga berusaha mengontrol apa yang Anda kerjakan atau uang.

Baca Juga: Kenali Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Babymoon

Emosi tidak stabil
Sikap mudah marah adalah tanda yang nyata. Bahkan, emosinya tidak akan stabil karena hal-hal kecil, misalnya Anda terlambat pulang kerja 10 menit. Dalam kasus tertentu, rasa marahnya diungkapkan dalam bentuk kekerasan fisik seperti menampar atau memukul. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply