Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat agar Panjang Umur

0
L MauTips.com, Jakarta. Hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinannya orang tersebut hidup lebih lama.

Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang kita senangi. Misalnya, membaca, menulis jurnal, atau pun bermain dengan hewan peliharaan. Intinya, buatlah diri merasa nyaman dengan cara yang kita senangi. Berikut beberapa kiat-kiat sederhana yang bisa kita lakukan untuk memulai pola hidup sehat.

Hindari stres
Saat merasa stres, semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Nah, oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat stres.

Bijak memilih makanan
Pastikan kalau makanan dalam piring memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, kita juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Kita bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

Sempatkan olahraga setiap hari
Olahraga tak melulu harus jogging atau pergi ke gym. Kita bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang disukai. Jika suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya. Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya, buatlah tubuh aktif bergerak setiap hari.

Kurangi gula mulai hari ini
Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Tak hanya gula, kita juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Banyak minum air putih
Memastikan asupan cairan tepenuhi tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh agar tidak mengonsumsi minuman manis.

Baca Juga: Tips Menyeimbangkan Pekerjaan dan Keluarga

Cukup tidur
Rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia kalau kita sendiri tidak cukup tidur. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan. (Fan/Tyd)

 

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply