Manfaat Menyusui Sampai Anak Umur 2 Tahun

0
M MauTips.com, Jakarta. Air Susu Ibu atau ASI memang menjadi satu-satunya asupan nutrisi bagi bayi yang menyusu ASI secara eksklusif. Ketika semakin besar, bayi butuh makanan lain yang biasa disebut Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bila memutuskan tetap menyusui si kecil hingga usia 2 tahun, ada manfaat yang bisa didapat.

Ketika seorang ibu memutuskan menyusui anak sampai usia 2 tahun, ada beberapa manfaat yang bisa didapat.

Memberi nutrisi untuk bayi
Pendapat yang mengatakan bahwa tidak ada nutrisi dalam ASI setelah satu tahun itu salah. Bayi akan tetap mendapat manfaat dari nutrisi yang ada dalam ASI seperti protein, kalsium, lemak, vitamin A, dan nutrisi lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bayi yang menyusu akan mengalami penurunan risiko terkena penyakit dan kematian. Semakin lama bayi mengonsumsi ASI, semakin kecil bayi terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi telinga dan saluran pernapasan.

Membuat ibu jadi lebih sehat
Selain untuk bayi, menyusui juga bermanfaat bagi ibu. Ibu yang menyusui lebih kecil risikonya terkena kanker payudara, ovarium, dan endometrium.

Meningkatkan perkembangan otak
Penelitian menunjukkan menyusu dapat meningkatkan perkembangan otak bayi. Hal ini bukan hanya karena nutrisi yang ada di ASI. Bayi yang menyusu ke payudara kanan dan kiri memiliki kesempatan untuk menjangkau arah yang berbeda. Jadi ini melatih jangkauan dan pikiran bayi.

Menenangkan bayi
Menyusui adalah kesempatan bagi ibu dan bayi untuk semakin dekat. Dengan menyusu, bayi bisa lebih tenang ketika dalam keadaan takut atau sakit.

Baca Juga: Ini Alasan Menyusui dan Hamil Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Menenangkan ibu
Nggak cuma bayi yang tenang, ibu juga bisa memperoleh ketenangan dari menyusui. Ketika ibu merasa penat dengan aktivitas yang ada, menyusui bisa jadi kesempatan ibu beristirahat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply