Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Tubuh Jantung Sehat Dan Turun Berat Badan

0
M MauTips.com, Jakarta. Sebuah penelitian yang dilakukan National Health Service di Inggris mengungkapkan dengan puasa, berpotensi memperbaiki kondisi penderita diabetes bahkan memperbaiki fungsi pankreas. Puasa Ramadhan bukan sekadar kegiatan ibadah yang wajib dilakukan umat Muslim.

Lebih dari itu, puasa memberikan efek luar biasa bagi peningkatan kesehatan tubuh. Jika disertai dengan diet yang sehat, mengkonsumsi karbohidrat kompleks, protein, serat dan air putih saat sahur dan berbuka bisa mendapatkan manfaat dari puasa yang lebih maksimal. Berikut manfaat lain bagi kesehatan dengan puasa Ramadhan.

Membantu Melawan Radikal Bebas
Puasa akan meningkatkan kemampuan tubuh mengurangi stres oksidatif. Stres oksidafit adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya menimbulkan kerusakan sel maupun organ yang lebih banyak.

Menurunkan Risiko Sakit Jantung
Puasa bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan tingkat kolesterol, stres oksidatif dan tekanan darah.
Jika rajin puasa juga akan sangat bermanfaat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah glukosa juga mempercepat metabolisme.

Meredakan Nyeri Sendi
Puasa membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

Baca Juga: Jangan Minum Teh Saat Sahur Biar Waktu Puasa Tetap Segar

Menurunkan Berat Badan
Meskipun tidak terlalu signifikan, puasa juga bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan keinginan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply