Mengapa Kita Sulit Mengingat Nama Orang, Ini Penjelasan Ilmiahnya

0
M MauTips.com, Jakarta. Secara ilmiah, fenomena mengapa orang sering lupa nama ini memang sudah sering dikaji. Menurut laporan Sciencedaily, kemampuan mengingat nama orang ternyata tidak ditentukan oleh kemampuan otak. Bagi sebagian orang, mengingat nama orang ternyata merupakan masalah yang sangat serius.

Kemampuan mengingat nama orang ini ditentukan oleh ketertarikanmu padanya. Bukan karena kemampuan otak yang rendah. Minum minyak ikan untuk meningkatkan daya ingat juga tidak akan begitu membantu kalau sama sekali tidak tertarik pada orang itu.

Jadi supaya bisa mengingat nama orang lebih lama berikut ini alasannya.

Orang itu tidak menarik perhatian Anda
Ketertarikan akan membuat seseorang termotivasi untuk mengingat. Biasanya menusia mengingat sesuatu yang disukai atau memotivasi mereka untuk belajar.

Anda suka mengabaikan hal kecil
Kebiasaan mengabaikan hal yang dianggap sepele atau kecil di kehidupan sehari-hari, juga mempengaruhi daya ingat. Anda mudah lupa sebab instruksi kecil juga sering Anda abaikan. Akibatnya otak akan terbiasa mengabaikan hal yang dianggap remeh.

Namanya terlalu umum
Nama yang biasa, umum dan tidak unik memang membuat orang mudah lupa. Berbeda jika nama orang itu tak pernah Anda dengar atau unik, maka otak mudah merekam sebab Anda juga tertarik untuk mengulangi nama tersebut dengan lafal.

Baca Juga: Manfaatkan Jus Semangka, Tips Atasi Dehidrasi Saat Musim Kemarau

Mementingkan imej
Jika kenalan baru itu sangat mementingkan impresi baik (good impression) di depan orang, maka Anda cenderung memperhatikan penampilan dan impresi fisiknya, ketimbang namanya. Tak heran Anda lebih mudah mengingat wajah atau penampilan orang dari pada namanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply