Pengaruh MPASI Instan Untuk Tumbuh Kembang Bayi

0
P– Usia enam bulan merupakan usia paling tepat bagi bayi untuk mendapatkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Pada usia ini, ibu diperbolehkan untuk memberikan makanan yang mampu membantu tumbuh kembang bayi. Namun banyak ibu-ibu yang masih berdebat akan bahaya MPASI instan pada bayi. MPASI dibutuhkan pada usia ini karena kandungan zat besi pada ASI tidak mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh bayi. Zat besi sangat berguna membantu perkembangan otak dan juga otot bayi.

Menu untuk MPASI pertama bagi sebagian ibu menyusui yang bekerja memang terkadang lebih memilih makanan instan guna mempersingkat waktu. Terlebih MPASI instan memang sangat mudah untuk didapatkan, karena tersebar luas di kalangan masyarakat pada umumnya. Namun tanpa mereka sadari jika MPASI instan juga memiliki beberapa efek yang membahayakan tubuh bayi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kandungan nutrisi yang tidak seimbang

Proses pembuatan bubur instan untuk bayi dipastikan memalui berbagai tahap. Salah satunya adalah diproses dengan menggunakan suhu tinggi untuk disterilkan. Pada dasarnya, saat memasak makanan dengan suhu tinggi, maka akan mengurangi kadar nutrisi yang terkandung pada bahan dasar pembuatan bubur instan. Untuk itu, sebagai orang tua yang bijak sebaiknya Anda menghindari memberikan makanan pendamping instan karena mampu menghambat bayi untuk mengenali rasa yang lain

2. Susah makan dan mengalami gangguan pencernaan.

Saat bayi mendapatkan asupan makanan yang itu-itu saja tanpa adanya selingan sayuran atau buah-buahan, maka bisa dipastikan jika bayi akan mengalami susah makan di kemudian hari. Bukan hanya susah makan saja, jika mengonsumsi secara rutin maka MPASI instan secara rutin, bayi bisa saja mengalami gangguan pencernaan seperti rasa tidak nyaman da juga diare. Karena pada dasarnya, setiap makanan instan atau dalam kemasan sudah pasti memiliki bahan pengawet.

3. Dapat menimbulkan alergi

Pengolahan bubur instan yang dilakukan dalam skala besar bisa saja menimbulkan beberapa alergi pada bayi seperti muntah, demam dan gatal-gatal. Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan zat yang tidak cocok dengan bayi, dan sistem imun tubuh bayi menolak dengan reaksi tersebut.

Bahaya MPASI instan lainnya bisa menurunkan sistem imun dalam tubuh bayi. Hal ini terjadi karena kurangnya nutrisi dan gizi yang menyebabkan sistem imun dalam tubuh berkurang dan pastinya akan membuat bayi rentan terhadap berbagai penyakit.

Pastikan untuk tetap memperhatikan menu untuk MPASI pertama, persiapkan makaan bayi dengan menggunakan MPASI homemade. Dengan bahan makanan yang dipersiapkan sendiri jelas terpercaya kandungan nutrisinya, aman dan pastinya tanpa bahan pengawet.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply