Sahur Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa Ramadhan Anjuran Pakar Gizi

0
S MauTips.com, Jakarta. Selain lemas, tubuh juga tidak bisa menjalankan aktivitasnya secara optimal sepanjang hari. Belum lagi risiko gangguan pencernaan yang mungkin terjadi dan kemungkinan paling parahnya, malnutrisi.

Makan sahur amat penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Sayangnya menu sahur sering kali diabaikan dengan alasan mengejar waktu sebelum imsak, mengantuk ataupun lelah. Berikut saran para ahli gizi agar tubuh tak lemas, tetap sehat dan fit seharian hingga tiba waktu buka puasa.

Makan Karbohidrat
Karbohidrat wajib ada di menu sahur. Karbohidrat memberikan tenaga bagi tubuh dan membuat mood lebih baik.
Protein Tak Kalah Penting
Protein juga penting sebagai cadangan energi ketika Anda berpuasa. Protein dari ikan, ayam. Untuk menu sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama.

Buah dan Sayur
Dalam menu sahur perbanyaklah sayur serta buah. Kelompok makanan nabati ini kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral yang menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan.

Baca Juga: Resep Sederhana Menu Sahur Yang Kaya Protein Semur Ayam Kentang

Lemak
Jangan dulu antipati terhadap lemak karena tak selamanya lemak membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak sehat justru diperlukan untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur lebih optimal. Lemak juga memberi rasa kenyang lebih lama.

Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral
Selain air putih, minuman lain dalam menu sahur haruslah sehat. Penting memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan jus buah segar atau buah potong.  (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply