Seringlah Tertawa Membuat Anda Lebih Kuat Hadapi Cobaan Hidup

0
S MauTips.com, Jakarta. Manfaat tertawa sering disepelekan oleh banyak orang karena dianggap tidak memiliki fungsi dalam kesehatan ataupun dalam psikologis. Kebanyakan orang mengira bahwa tertawa hanya bisa membuat seseorang terlepas dari penatnya. Namun manfaat dari tertawa tidak hanya itu saja, tertawa ternyata memiliki dampak bagi kesehatan.

Dampak kesehatan itu sering tidak disadari oleh banyak orang. Di saat kondisi serba sulit seperti saat ini,banyak orang yang memilih cemberut dibandingkan dengan tertawa. Gelak tawa merupakan obat yang manjur untuk meringankan gundah gulana dalam hati. Pernyataan ini dikuatkan dengan hasil riset dari Oxford Researchers. Mereka menemukan, tertawa adalah penawar rasa sedih dan galau paling murah dan praktis.

Pasalnya saat tertawa tubuh melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk membangkitkan perasaan senang dan bersemangat. Tertawa memproduksi dan melepaskan endorfin secara merata pada tubuh. Melalui eksperimen yang berkelanjutan, para peneliti memeriksa daya tahan tubuh responden. Mereka mempelajari kondisi fisik dan emosional masing-masing responden tersebut.

Sebelum dibagi menjadi dua kelompok, setiap responden wajib memasang manset yang terjepit pada ujung jari. Responden di kelompok pertama di minta untuk menonton film drama dengan jalan cerita membosankan. Sementara itu, kelompok kedua menonton film komedi yang membuat mereka terpingkal-pingkal.

Baca Juga: Selalu On Time Tepati Janji Ciri Hidup Anda Berkualitas

Kemudian, para peneliti melansir hasil eksperimen, bahwa responden di kelompok kedua terbukti lebih kuat dalam menghadapi masalah emosional dan menahan sakit secara fisik. Kondisi serupa tidak ditemukan peneliti pada kelompok pertama. Sebab, menurut peneliti, kelompok pertama lebih rentan terpapar penyakit dan cenderung murung setiap menghadapi masalah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply