Sibuk Kerja Bisa Sebabkan Kesepian Berujung Depresi Parah

0
S MauTips.com, Jakarta. Di Indonesia angka penderita stres dan depresi menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh tekanan hidup yang semakin rumit seperti tekanan sosial dan ekonomi, tekanan pekerjaan, tingkat kemacetan dan lain sebagainya.

Prevalensi gangguan mental emosional biasanya terjadi dengan gejala-gejala depresi serta kecemasan untuk usia 15 tahun keatas dan ada sekitar 6% dari jumlah penduduk Indonesia. Kesehatan mental masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Masalah ini jika diabaikan dapat mengarah pada stres dan berujung pada depresi berkepanjangan. Jumlah tenaga dan fasilitas kesehatan mental profesional di Indonesia masih tergolong minim.

Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh WHO idealnya perbandingan antara tenaga kesehatan dan pasien yakni 1:30 ribu orang atau sekitar 0,03 per 100.000 penduduk. Sesibuk apapun jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk besosialisasi.

Salah satu penyebab kesepian yang paling sering terjadi adalah karena seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja hingga tidak sempat menjalin hubungan sosial seperti memberikan waktu kumpul keluarga dan pergi bersama teman-teman. Kesepian ini bahkan bisa membuat merasa sendiri meski situasi ramai. Sepele memang, tapi meluangkan waktu meski hanya sebentar untuk bersosialisasi sangat besar manfaatnya.

Merasa sendiri dan kesepian ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan saling tukar pikiran. Ini bisa jadi disebabkan sudah lama tidak berjumpa dan melakukan komunikasi sewajarnya sehingga menimbulkan suasana canggung dan enggan bertegur sapa.

Rasa sendiri dan sepi ini jika tak segera diatasi bisa menyebabkan merasa sedih, dan terisolasi yang nantinya dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius, seperti depresi, fobia, atau gangguan kecemasan. Untuk mengatasinya, langkah awal yang bisa dilakukan adalah menghubungi teman-teman dan selalu menjalin komunikasi dengan mereka.

Baca Juga: Cara Mudah dan Tips Mengenali Investasi Bodong Agar Tidak Tertipu

Selain itu juga disarankan untuk berkumpul dengan orang-orang baru yang bakal membantu meredakan kesepian. Bagaimanapun juga manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Kita memerlukan orang lain agar tak kesepian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply