Sisi Buruk Mengenalkan Sosok Superhero Pada Anak-Anak

0
S MauTips.com, Jakarta. Ada dampak buruk yang dirasakan anak-anak saat bersinggungan dengan karakter superhero yakni mulai menunjukkan sikap agresif. Studi mengungkap, anak-anak menjadi cenderung agresif secara fisik dan hubungannya bersama orang lain. Mengenalkan anak-anak pada karakter superhero ternyata tidak sepenuhnya pilihan tepat. Ada sisi negatif yang perlu diwaspadai.

Namun banyak orang tua yang mengenalkan superhero sejak dini pada anak-anak mereka. Seperti karakter superman, batman, atau Gatotkaca. Alasan klasik anak-anak dikenalkan superhero yaitu sebagai media pembelajaran. Sebaliknya, hasil studi yang dilakukan Brigham Young Universitas di Amerika Serikat menyebutkan efek lain. Pemicunya adalah ketidaksesuaian isi cerita dalam film superhero terhadap usia anak. Kebanyakan film superhero tidak cocok diperkenalkan isi ceritanya bagi anak-anak usia prasekolah.

Ceritanya lebih kompleks dan tidak sedikit yang menunjukkan alur cerita kekerasan dan tidakan prososial. Sebaliknya kemampuan koginitif anak-anak prasekolah belum mampu mencerna pesan sosial dari film tersebut. Sisi negatif lainnya adalah anak-anak menjadi lebih rendah empatinya lantaran senantiasa mendapatkan paparan adegan kekerasan. Mereka juga cenderung mengalami masalah tidak berkembangnya aspek emosional.

Baca Juga: Perbedaan Pegal Akibat Lelah Otot dan Penyakit

Kekerasan konstan di film dan televisi bisa membuat seseorang kehilangan empati. Salah satu kesimpulan penelitian lama ini misalnya kecenderungan mahasiswa yang sering menonton konten kekerasan tidak membantu perempuan terluka. Efek konten kekerasan superhero lebih berdampak pada anak-anak. Mereka tidak paham kenapa kekerasan harus terjadi dalam film itu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply